Berbagi & Menginspirasi lewat Blog? Asikin Aja!

DiaryMahasiswa | Selamat malam SDM (Sahabat Diary Mahasiswa). Kebetulan diary kali ini aku tulis di malam hari, tepat pukul 22.00. Tepat di mana cuaca Yogyakarta di guyur hujan. Allohumma Shoyyiban Naafi’aan. 

Teman-teman suka berdo’a juga nggak disaat hujan ?
Hujan nggak melulu tentang kenangan lho, tapi waktu hujan turun adalah saat mustajabnya do’a, artinya do’a semakin mudah terkabulkan. Semoga doa serta cita-cita kalian semua yang baca diary ini, terwujud satu persatu ya. Aamiin.

Yang reques untuk update diary jalan-jalannya di pending dulu ya. Nanti tunggu aja, setelah diary ini kalau nggak bahas kuliner paling tentang wisata atau gowes lagi. Kebetulan udah ada yang reques juga, jadi tunggu aja.

Next ya, ngomongin soal ngeblog. Pasti kalian pernah ada orang yang bertanya :

Susah ya ngeblog itu?
Gimana sih caranya ngeblog?
Aku belum punya ide nih untuk nulis?

Padahal kalau mau ngeblog, berbagi dan menginspirasi lewat blog? Tinggal asikin aja. Lho kok dibikin asik, Ndi? Jadi gini teman-teman, kita kalau udah ngerjain sesuatu mau gimana pun beratnya, mau gimanapun susahnya kata orang. Tapi kalau kita sudah merasakan asik terlebih nyaman, pasti tetap saja dijalani. Bukan begitu?

Begitu juga dengan ngeblog, nggak usah muluk-muluk nulis apa yang nggak dijangkau sama kita. Terkadang ada tuh, orang yang mau ngeblog tapi hanya untuk mengejar uangnya saja. Nulisnya asal, copy paste sana sini. Demi apa? Demi mendapatkan pundi-pundi rupiah?

Memang bisa, Ndi?
Tentu bisa. Tapi percayalah yang seperti itu nggak bakal bertahan lama. Coba aja buktikan! Eh, tapi jangan nggak bagus, kita boleh belajar dari siapapun, membaca tulisan siapapun. Dengan catatan ambil baiknya, contoh hal positifnya. Setiap orang tentu memiliki kelebihan dan kekurang. Aku percaya itu.

Makannya gimana caranya kita bisa merubah kekurangan jadi kelebihan / jadi kekuatan. Aku selalu menyemangati diriku dengan ngomong sendiri, “Aku pasti bisa dengan caraku sendiri.” Dan aku percaya rezeki kita masing-masing sudah ada yang ngatur, termasuk nggak akan salah alamat. Pasti bakalan sampe sama kita.

Dan perlu kita ingat juga, rezeki itu nggak melulu soal uang, tapi rezeki itu bisa berupa kesehatan. Kesehatan, satu kata yang bisa diucapkan oleh siapa saja. Tapi sangat luas maknanya. Mari bersyukur, lagi-lagi harus bersyukur. Tiada hari tanpa? bersyukur..

Tanpa sehat kita nggak bakal bisa ngeblog, nggak bakal bisa jalan-jalan, kerja, sekolah, kuliah. Bahkan beranjak dari tempat tidur sekalipun sepertinya akan susah. Makannya aku sering sekali mendoakan kalian yang khususnya sering membaca diaryku ini. Sehat selalu ya, teman-teman.

Kenapa?
Karena aku ingin sahabat diary mahasiswa sehat selalu. Rezekinya dilancarkan, dan harapanku kalian yang sering meninggalkan jejak disini semoga suatu saat nanti bisa silaturahmi secara langsung ya.

Aku sendiri punya banyak teman yang awalnya semangat ngeblog tapi hanya mengejar materi semata. Setelah iklan yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah itu tumbang. Alhasil semangat ngeblognya pun hilang.

Memang nggak ada salahnya ngeblog untuk mencari uang alias materi. Tapi kalau niat berbagi dan menginspirasi lewat blog itu lebih baik lagi. Aku percaya uang itu akan mengikuti nantinya disaat kita sudah dikenal bahkan sukses.

Baca juga : Pecah Telor di Tahun 2017

Dikenal oleh siapa?
Siapa saja, termasuk para blogger-blogger lain. Termasuk kamu yang sedang baca diary ini. Yang mana bisa saling support. Support melalui saling kunjung, saling berkomentar. Dan satu lagi, jangan iri terhadap apa yang sudah dicapai para blogger lain. Tapi jadikan acuan untuk bisa seperti mereka, bahkan lebih.

Aku pribadi selalu ingin belajar dan mencontoh para blogger yang sudah sukses. Dengan cara yang berbeda menrutku. Mulai dengan konsisten menulislah agar bisa melatih kedisiplinan dalam ngeblog. Usahakan jangan merasa terbebani disaat ngeblog. Asikin aja!

Asik, iya asik. Seperti salah blog sahabat diary mahasiswa. Asikpedianamanya. Sore itu aku dapet pesan singkat lewat whatsapp dari teh Sha. Pemilik blog vanisadesfriani.com, kalau kalian pernah main ke blognya pasti tahu. Yeh jangan sok tahu? Coba orang mana dia? Salah, yang bener itu orang Bandung. Aku kok ngomong dewe 😀

Jadi dari pesan singkat lewat whatsaap itu aku di kasih tahu tentang sebuah review Diary Mahasiswa di blog asikpedia. Setelah diselidiki secara mendalam. Empunya asik pedia itu kang Nata. Aku sendiri nggak asing, familiar, bahkan kenal. Ya, walaupun belum sempat bertemu karena jarak. Yang jelas sering silaturahmi lewat blognya.

Setelah aku cek itu review Diary Mahasiswa (DM) udah bejibun yang meninggalkan jejak disana. Tapi hampir semuanya mereka kenal dengan DM, ada beberapa sih yang baru tahu juga. Tapi memang sebelum review DM, asikpedia juga sempat review blog duduk paling depan.

Setelah baca review Diary Mahasiswa yang ditulis pada tanggal 27 Januari 2018, aku jadi kepikiran untuk review blog kang Nata. Tapi dengan caraku sendiri, waktu itu hanya berucap, dan entah kapan mau nulisnya juga. Ternyata hujan di malam ini membuat jemariku menuliskan diary yang ada kaitannya dengan kang Nata.

Di blog kang Nata, sempat aku amati, memang asikpedia itu mempunyai menu khusus tentang review. Wajar saja kalau empunya sering review. Selain menu review asikpedia juga mempunyai menu pengalaman yang mana isinya udah cukup banyak. Diantaranya :

1. Kaitan Sinetron Tukang Ojek Pengkolan Dengan Blog
2. Pengalaman Mendapat Rezeki Berupa Template Premium
3. Blog Asik Pedia Gagal di Tinggalkan Karena Tiga Hal ini
4. Buah Kelapa Yang Bersusun Seperti Buah Anggur
5. Pengalaman Membuat Parutan Kepala Dari Kaleng Bekas Susu
6. Pengalaman Pertama Mendapat Job Review Website Dari Penyedia Hosting Doamin
7. PA dan DA Serta Rangkring Blog Asik Pedia Bulan Desember 2017
8. Nasib Galon Air Yang Sudah Pecah dan Di Tempel Dengan Lem Plastik
9. Pengalaman Membuat Gantungan Baju Dari Kawat Bekas Jemuran
10. Pengalaman Membuat Blog Pertama Yang Berujung Banned
11. Pengalaman Membuat Blog Ke Dua Berujung Kebosanan
12. Pengalaman Membuat Blog Lowongan Kerja Yang Membuat Kapok
13. Pengalaman Membuat Blog Ke Tiga Yang Berujung Keberuntungan
14. Kamar Tidurku Pernah Menjadi Sarang Lebah Lalat
15. Sudah Lama Tidak Dapat Penipuan Melalui Telepon Genggam
16. Pengalaman Berjualan Madu Lebah Asli 4 Botol
17. Liputan Tahun Baru : Masuk Mall Hingga Masuk Semak Belukar
18. Ketika Suaminya Berjoget dan Menyawer Biduan Hot Banget, Bagaimana Reaksi Istrinya?
19. Pengalaman Menggoreng Ikan Pakai Handuk Biar Aman
20. Pengalaman Update Software Akuntansi

Udah banyak kan pengalaman Kang Nata ini!
Sedangkan untuk menu review sudah ada beberapa tulisan. Diantaranya seperti judul artikel dibawah ini :
1. Pengalaman Singkat Perpanjang Domain Di Idwebhost
2. Remember Early Ngeblog, So Remember Also Blog Pak Pandani
3. Ingat Awal Ngeblog, Maka Ingat Juga Blog Pak Pandani
4. Review Artikel : WAJAH ASLI JENG PATROL
5. Review Article: ORIGINAL JENG PATROL
6. Blog Duduk Paling Depan
7. Blog Diary Mahasiswa
8. Sitti Taslimah
9. Dapur Ima Bagi-Bagi Kue Ulang Tahun Gratis, Ada Yang Berminat?
10 Niagahoster Web Hosting Murah dan Terbaik Di Indonesia

Coba teman-teman perhatikan dari setiap judul tulisannya. Simple bukan? Dan aku yakin itu kebanyakan kejadian yang terjadi di sekeliling kang Nata. Dan aku yakin pasti nulisnya juga asik. Santai dan penuh semangat.

Coba kalau nulisnya karena hal lain, tentu akan terburu-buru. Kenapa bisa terburu-buru? Karena nulisnya nggak asik bahkan gelisah. Mungkin! Makannya kalau mau berbagi dan menginspirasi lewat blog, asikin aja!

Kang Nata

By the way, ngomongin soal asikpedia kalian tahu nggak sih empu alias adminnya yang bernama Kang Nata ini aslinya orang mana? Atau ada yang sudah tahu? Beruntung bagi yang sudah tahu, atau jangan-jangan ada blogger yang asalnya dari tempat kang Nata juga?

Well, aku kasih tahu ya. Kang Nata ini aslinya dari Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Kalau aku hanya mendengar nama Ogan Komering Ulu saja, tentu aku nggak akan paham. Tapi kalau sudah di kasih keterangan Sumatera Selatan jadi sedikit tahu. Ya, walaupun belum pernah kesana, niatin dulu aja. Siapa tahu suatu saat nanti bisa eksplor daerah Sumatera.

Kang Nata ngeblognya sedari akhir tahun 2015. Sudah beberapa kali gonta ganti blog. Aku rasa cukup lengkap perjalannya, coba kalian cek aja kalau main ke asikpedia di daftar isinya. Disitu sudah lengkap dan tahu apa saja yang sudah ditulis.

Foto kang Nata di atas itu bukan foto asli. Kalau kalian tahu aktor sekaligus produser film dan seniman beladiri di Tiongkok pasti tahu. Ya, Jet Li namanya. Aku sendiri awalnya nggak tahu. Tapi untungnya SDM kasih tahu aku. Habisnya beda banget mukanya Jet Li sama yang pernah aku dulu lihat. Setelah searching, ternyata bener ini Jet Li.

Kenapa kang Nata pasang foto Jet Li? Karena kang Nata mengakui dirinya sebagai Jet Li nya Indoneisa. Mirip ataupun tidak aku juga kurang tahu. Kalau berkesempatan bisa bertemu langsung. Akan aku ajak selfie biar tahu seperti apa muka Jet Li Indonesia ini. Foto ini aku ambil dari akun G+ kang Nata. Cukup susah memang mencari foto asli kang Nata, berbeda dengan fotoku yang seliweran di blog Diary Mahasiswa. Buanyak..haha

Selain foto yang susah dicari, di blog kang Nata juga nggak ada link facebook atau akun medsos lainnya. Padahal tertera di blog ada tombol akun twitter juga. Tapi itu nggak ada linknya. Namun tertera contact di menu blognya. Jadi bagi kalian yang mau minta kopi bisa hubungi kang Nata lewat situ.

Baca juga : Wisata Mangunan Yogyakarta yang Hist dan Instagramable

Selama main di asikpedia aku sangat senang, karena templatenya saat ini yang sama persis dengan template Diary Mahasiswa (DM) sebelumnya, hanya saja warnanya yang berbeda. Maka dari itu setiap aku main berasa baca di blog sendiri.

Kang Nata memang nggak memberikan informasi mengenai dirinya di asikpedia. Bisa dibilang menyembunyikan identitasnya gitu. Mungkin takut tertangkap polisi. Eh! Makanya jarang ada yang tahu dari mana asalnya. Beruntung kalian yang membaca diary kali ini. Bisa tahu dari mana asalnya. Coba kalau tanya langsung. Udah pasti tuh suruh bayar 😀

Canda! Nggak kok, Kang Nata itu orangnya baik, aku aja yang belum pernah bertemu udah mau dikasih kopi 2 gelas. Ya, walaupun kopi itu hanya tersaji di kolom komentar saja. Bahkan sampai saat ini masih terurai dalam untaian kata. Apapun itu tetap kopi kok dibacanya ^_^

Kang Nata juga orangnya ramah lho, cobain main deh ke blognya. Pasti dia kunjung balik. Jangan lupa memperkenalkan diri dan alamat rumah ya. Siapa tahu kang Nata kasih kopi atau di kirim ke rumah kalian. Nggak percaya, cobain aja gih!

Selain itu, kang Nata juga jago bahasa Inggris lho, terbukti dari postingannya. Bahkan ada menu khusus bahasa Inggris. Seperti beberapa judul artikelnya dibawah ini.

First Experience Writting Articles Using English
Experience Being a Writer In Blog Juragan Cipir
Idea : Blog Themed Health Theme To Be A Tourist Blog
Blog Asik Pedia Like Youth New Entering Work
Remember Early Ngeblog, So Remember Also Blog Pak Pandani
Review Article: Original Jeng Patrol
Linking Soap opera Tukang Ojek Pengkolan With Blog
Experience Getting Rezeki In Premium Template
Plans to stop writing on Pedia Asik Blog that failed

Itu hanya judulnya saja, kalau mau baca, silahkan langsung otw ke blog kang Nata saja. Nulis di blog dengan asik itu ibarat air, mengalir begitu saja. Ibarat memindahkan apa yang ada dalam otak ke dalam tulisan gitu. Mudah dan asik. Seperti halnya asikpedia.

Coba deh kalau lagi penat sesekali kunjungi blog asikpedia. Siapa tahu ada inspirasi yang datang dari sana. Semangat kembali dan bisa berbagi dan menginspirai lagi. Oh, ya sampe lupa. Kalau kalian mau main ke asikpedia bisa klik langsung link dibawah ini.

Gimana kalian udah asik kan berbagi lewat tulisan?
Nampaknya hujan semakin deras, tak terasa udah berapa untaian kata kutuliskan disini. Semoga kalian tetap konsisten dalam berbagi dan menginspirasi ya. Apapun itu yang penting apa yang kita tulis membuat kita asik menikmatinya. Membuat kita nyaman melaksanakannya.

Kalau belum asik juga ngeblognya?

Coba kalian ingat apa niat awal ngeblog itu? Kembalikan sama niat di awal kita ngeblog. Yang jelas itu tadi, disaat ngeblog itu udah asik, udah nyaman. Sesibuk apapun aktifitas kita, ngeblog pasti jalan. Selain diniatkan untuk berbagi dan menginspirasi lewat blog.

Coba deh niatin ngeblog dengan ibadah. Supaya setiap untaian kata yang kita ketik bisa jadi pahala buat kita. Bisa menolong kelak di akhirat.

Terlebih disaat kita sudah tidak ada di dunia ini, pasti tulisan kita akan tetep bisa diakses. Entah sama siapa, yang jelas kalau kita berbagi kebaikan, maka akan jadi kebaikan juga untuk kita. Apalagi apa yang kita tulis bisa membantu orang yang membacanya.

Itu dulu aya ya diary kali ini, semoga Sahabat Diary Mahasiswa sehat selalu.
Sampai bertemu di diary berikutnya ya!

220 Responses for Berbagi & Menginspirasi lewat Blog? Asikin Aja!

  • Kalo melakukan sesuatu demi uang biasanya semangat cepat surut n ga betah melakukannya. Kalau suka dengan suatu hal dan bisa menghasilkan, pasti rela berkorban (waktu) dan dana biar menambah skill dlm bidang yg disukai ^^

  • Ya, kalau tujuannya uang mah sebulan nggak ada tawaran kerja sama juga udah berhenti nulis paling. Adsense diblokir atau ditolak, ada kemungkinan juga males ngeblog lagi. Tapi ya, standar ngeblog orang berbeda-beda. Saya mah sesukanya aja tanpa beban. 🙂

    Itu yang dipakai Kang Nata foto Jet Li, kan? Dia semacam merahasiakan beberapa identitas pribadi gitu, ya? 😀

  • Nah itu yang membuatku tetap ngeblog walau sekarang blog jejak maya sepi tidak masalah, karena aku asyikin aja

    Aku bukan karena materi tapi hiburan bergengsi, aku bisa tahu tentang daerah lain lewat postingan teman/-teman sesama blog

    Kang Nata orang Palembang sudah ku tebak walau beliau sembunyi di balik gelar "Kang"

    Sip pokoknya enjoy ajalah berbagi lewat tulisan jangan dijadikan beban

  • Sepakat..so far dah 10 tahun nge blog, walau sering on off kl pas lagi sibuk bgt.

    Tujuan ngeblog mah buat share pengalaman aja, bagus kl bisa menginspirasi orang. Udah gitu tok

  • Baca DM kali ini banyak banget doanya. Aamiin ya Rabb.

    Nggak nyangka kalo ternyata akan bahas kang Nata.

    Oohhh…
    Jadi kang Nata itu asalnya dari Ogan Komering Ulu toh.

    Blogger misterius itu, Ndi. Fotonya pake foto Jet Li. Mungkin kang Nata juga jago kungfu seperti Jet Li.

  • SDM… keren mas sebutan buat penggermarnya
    jadi pengen buat juga hehe
    iya sih ngeblog jadi seperti banyak balajar
    terutama yang suka dapet banyak pengalaman
    slaut sama blogger2 yang direview

  • Awal nya dulu pertama kali pengen ngeblog tuh karna kayak nya keren gitu, jd seorang blogger, makin berjalan ngeblog jd seperti hobi, lama kelamaan ngeblog ingin di jadikan penghasil pemasukan uang, nah sayang nya apa yg mas jelaskan di atas itu benar, setelah blog dan adsense tumbang, semangat buat ngeblog pun ikut tumbang hingga blog (yg lama) ga keurus dan hangus di telan bumi hingga akhir nya saya mau semangat lagi ngeblog , namun kali ini bener2 karena hobi menulis dan mendapat banyak kenalan baru dari blogwalking ini tentu nya..

    • Setuju, Mas. Yang sudah biarlah berlalu, toh bisa kita jadikan pelajaran untuk kedepan. Dan tentu bisa untuk bahan cerita awal mula ngeblog juga..hehe

      Semoga dikemudian hari nggak cuma blogwalking aja, tapi bisa silaturahmi secara langsung ya, Mas. Kopdar gitu 🙂

  • saya sangat terkesan dengan kang nata ini dia adalah blogger hebat bayangkan pernah nulis di blog juragan cipir, tapi dia ramah banget dengan semua blogger bahkan dengan blogger baru seperti saya

  • Mohon izin ketawa dulu, hahahahah……hahahahh…hahahhah…!!

    Ternyata inpirasi menulis blog saya karena pengaruh hujan turun yach mas……? Ingat hujan, ingat blog Asik Pedia yach….. kalau ingat banjir…..jangan ingat blog saya yach….hehehe.

    Saya ngk tahu harus ngomong apa, kalau ternyata diri saya dan blog saya direview balik oleh Si Penulis Buku “ Revolution Of Love “ ini.

    Senang iya…, terharu iya…., berbunga-bunga iya….pokoke campur aduk, rasanya kok makyuzzz gitu, seperti mendapat UANG KAGET dari Mister Money.

    Kalau Mas Andi ada didekat saya mungkin saya peluk dah tanda terima kasih, tapi meluknya bukan mengarah ke LGBT loh………

    Melainkan sebagai ungkapan rasa senang, sambil berkata “ Mas Andi, sekalian minta Kaos Gratis yach! “. 

    Apa seperti ini yach, perasaaan orang yang sudah saya review ? Masak sich, segitu girangnya.

    Sampai – sampai saya bawaanya jadi nulis versi panjang di kolom komentar ini.

    Saya baru tahu kalau blog saya direview dari Mbak Ima, Si Wanita Cantik Pemilik Dapur Ima yang koment di Blog saya.

    Sehingga saya luncur ke Blog ini dan ternyata benar, Surprise sekali…..!

    Terima kasih loh Mas, blog saya yang sederhana itu ternyata terukir di Blog DM, saya jadi minder sebab blog saya Cuma blog kelas ikan teri kalau disandingkan dengan blog DM atau blog teman yang koment disini.

    Saya jadi malu melihat judul2 artikel saya sendiri yang notabenenya adalah tulisan dengan judul ngawur.

    Saya ngak Pandai menulis dalam bahasa Inggris Mas, itu artikelnya hasil dari software Grammly , hehehe….

    Fhoto saya ada 3 di dalam blog asik pedia, tapi saya lupa di artikel mana dan saya lebih menyenangi sosok Jet Lie karena film yang ia bintangi.

    Kalau masalah wajah 11 19 lah mirip – mirip dekat dengan wajah jet asli, hehehe…..

    Saya memang cenderung tidak mengekspose siapa diri saya, baik via twiter atau facebook, trauma terkenal mas, hahahahah…….

    Saya juga memang senang koment balik Mas, mau artikelnya membosankan atau tidak , pokeke saya baca dan koment2 sepuasnya, sampai yang punya blog bosan dan uring2an, lalu akhirnya melambaikan tangan ke kamera……hahaha.

    Mas Andi….. saya memang sedang menunggu kalau saja ada yang nanya tentang alamat lengkap saya Via Email, maka akan saya tanya balik “ Wani piro … ?  Kan lumayan buat Modal beli kopi…..  atau beli pulsa. 

    • Seneng, iya. Terharu, iya. Berbunga-bunga, juga iya. Gado-gado rasanya, kang.
      Begitulah perasaan saya saat direwiev sama kang Nata.

      Karma yang indah bukan?

      Uhuuuyyy…
      Saya dibilang cantik. Ya iyalah cantik, kan perempuan. Ganteng itu ya si Andi dan Jet Li. Entahlah kalo kang Nata, hehehe.

      Kalo saya yang nanya alamat untuk kirim kue buat kang Nata, apa ditanya "wani piro?" juga? Kalo gitu nggak jadi aja deh (padahal modus, aslinya emang nggak niat kirim kue), hehehe…

      • Bener tuh, kalau perempuan cantik, laki-laki baru ganteng..he

        Saya rasa kalau mau kirim-kirim, kang Nata langsung membeberkan alamat rumahnya begitu saja deh..wkwk

        Kurang asik nih ngumpul gininya, sepi. Teh Ima keluarin kue, kang Nata kopinya. Saya lapaknya..wkwk

        Kuy, mari ngopi dan makan kue..

        Kue dan kopinya, mana nih 😀

      • ohhh…begitu yach Mbak, sama berati rasanya, duhhhhh saya jadi pgen direview terus…..

        Betul. Karma yang Indah, kebaikan akan dibalas kebaikan. Asiiikkk…!!

        Saya Mah ngk ganteng tapi cuma CAKEP …..Hihihihi…

        Ngak Mbak, Cuma bilang " Wani transfer wae "….hehehe..

    • Silahkan, Kang. Ketawa aja dengan puas, biar pada SDM juga dengar dan berkumpul kesini.. 😀

      Ini minum sama tisunya, Kang.
      Lho, belum kelar to ketawanya, yo wes..

      *

      Asik dong, asal jangan ingat kenangan aja disaat hujan..haha
      Jangan sampe banjir lah, Kang. Kecuali banjir duit mah siap-siap aja 😀

      Lho kok nggak tahu mau ngomong apa, buktinya itu udah ngomong dalam hati pula. Terus diam-diam dituangkan dalam untaiakan kata di kolom komentar DM. Bener apa bener kalau ngomong dalam ati..haha

      Haha.. pernah dapet uang kaget kah, Kang? Saya berharap dapet uang banyak aja lah, nggak mau yang kaget-kaget 😀

      Bisa aja ucapannya kang Nata ini, ucapan berujung kaos gratis lagi..hihi. Kalau para SDM tahu, pasti ikut kumpul tuh..wkwk

      Oh, yah. Memang teh Ima dulu yang berselancar di diary kali ini, buktinya tuh ada di atas.

      Sama-sama, nggih. Ini pertama kalinya deh aku review. Tentu review blog yang sekaligus aku buat diary. Terima kasih hujan.. he
      Udah bagus dong, kelas teri mah, kalau laper bisa buat lauk itu terinya. Bisa digoreng lagi. Apalagi anak kost, pasti akan sangat senang kalau menu makannya nggak melulu mie 😀

      Oh, gitu, kapan-kapan SDM kenalin sama Jet Li atuh, Kang. Biar makin akrab. Gimana nggak trauma, lah udah main film segala ya..he

      Baiknya memang gitu sih, dengan komen bisa menandakan kalau kita udah baca. Tapi dengan catatan komen yang nyambung, kalau nggak bisa dipastikan nggak baca keseluruhan..hehe

      Jangan-jangan sejauh ini kang Nata mau kasih saya kopi itu uangnya hasil dari para fans yang ingin mengetahui alamat rumah dengan cara kirim uang ya, wah mayan tuh. Dan berapa wartawan yang tahu rumah kang Jet Li nih, eh, kang Nata?

  • Yup.. memang asikpedia itu jujur dan polos, makanya sangat menarik untuk dibaca.

    Apalagi adminnya itu yang suka becanda, jadinya blogwalking kesana terasa menyenangkan.

    Tulisan di atas juga bagus banget mas. Terasa mengalir dan seperti bercerita.

    Boleh tanya, apa statusnya masih mahasiswa mas? Keren lo kalau masih mahasiswa tapi mampu menulis seperti di atas. Pengen bisa seperti yang begini.

  • Ini nih yang buat saya suka dari ngeblog, bukan hanya soal tulisan tapi bisa nambah teman dari daerah lain. Kita jadi bisa saling kenal walaupun belum pernah bertemu sebelumnya. Selain itu, hal yang paling dari ngeblog adalah tuliskan aja isi hatimu disana, biarkan mengalir. Jujur nih saya 3 bulan gak ngeblog rasanya pas balik aneh banget, dan sekarang saya mulai lagi silaturahmi ke blog-blog teman semua termasuk yang belum pernah saya kenal soalnya punya banyak teman asyikkan.

    well, tetap semangat ngeblog mas andi, saya suka nih dengan pembahasannya di blog. Berasa kayak ngunjungin rumah saudara sendiri.

    • Setuju, Mas Bimo.. Dan berharap bisa bertemu langsung dikemudian hari, kopdar gitu. Kan sekalian bisa silaturahmi secara langsung sembari sharing.

      Pasti itu mah, Mas. Saya juga pernah ngerasain gitu, padahal nggak sampe 3 bulan. Tapi memang lama juga ya, 3 bulan. Saya sempat beberapa kali main disaat mas Bimo nggak ngeblog. Pantesan kok belum ada updaten di blognya. Hanya saja di facebook share-share aja ya, Mas..

      Betul, terlebih teman itu yang memang suka main ke blog kita. Secara tidak langsung mereka menyempatkan untuk silaturahmi dan belajar.

      Semangat juga, Mas Bimo. Saya kan memang saudara mas Bimo. Saudara yang belum pernah bertemu 😀

  • Iya bener, ngeblog mah emang harus asikin aja jangan dibikin serius apa lagi dengan tujuan yang tidak" 😀
    Wah sekalian review back blognya kang nata ya, blog kang nata memang jos pisan,
    Pengin ikutan review tapi gak bisa ngolah kata jadi nyimak dulu sekalian belajar deh, hehe

    • Dibikin serius juga malah bagus lho, Mas. Serius ngurusnya, santai dan asik boleh asal serius dalam berbagi, konsistenya..hehe

      Hehe.. setiap review memang nggak harus sama kok, Mas. Jadi ala kita masing-masing aja.. 😀

  • mantaaapp.. sukses buat kang nata.. sering update asikpedia. kece2 postingannya.

    bener bang.. melakukan suatu hal harus seneng lebih dulu. klo udah seneng dg apa yg kita kerjakan otomatih udah.. semuanya kita daptkan.. terlebih kepuasan hati

  • Saya sudah lama kenal Asik Pedia. Blog ini yang baru-baru aja, setelah baca review dari sana.

    Foto Kang Nata memang ngga ada. Cuma ada foto artis doang, hehe.

    Ngeblog itu memang dibawa asik aja. Menulis panjang pun ngga kerasa.

  • berbagi pegalaman, ilmu pebgethuan atau membuat sesuatu yang bisa menginspirasi orang tidak selamanya asyik mas, kita juga tidak jarang lho pikiran nggak mut, otak buntu, mau bikin artikel, judul apa..susah jari jari ini diajak ngetik…iya kan

    tetapi inilah suka duka ngeblog, butuh waktu, kopi, cemilan, pikiran yang frees, soal kuota kita bisa cetting yang geratis…

    pokoknya jananin ngeblog dengan enjoy

    • Alhamdulilah sih, kalau lagi nggak mood saya ada aja yang bisa membuat kembali mood lagi, berkumpul dengan teman-teman, gowes atau pergi ke tempat yang bernuansa alam. Intinya saya harus bisa membuat diri ini mood kembali…hehe

      Ya begitulah, terkadang orang disana nggak tahu perjuangannya, tapi itulah proses, suka dukanya, yang jelas tetap di nikmati dan enjoy. Bukan begitu 🙂

      Kalau saya lagi di rumah pasti akan susah, susah sinyal internet disana. Makannya jarang sekali update diary. Paling update tapi hanya di save di laptop untuk sementara.

  • Yaa!! Inti tulisan diatas bisa dijadikan contoh untuk membuat inspirasi tulisan dalam sebuah blog atau web..

    Dan juga tak hanya blogger pemula saja melainkan blogger lama …Agar tetap semangat untuk berbagi melalui tulisan…😄😄

  • Gue udah asyik belum ya ngeblog. Haha

    Gue tulis apa yang pengen gue tulis aja sih, yang penting gue seneng. Sekarang sih masih sampe disitu dulu gue ngeblog, sama belajar tetek bengek lainnya juga sih. HAHAHA

    OTW maen ke asik pedia nih. Kayaknya asik! 😀

    • Aku rasa udah, Mas. Buktinya udah bahas si naruto juga lho. Dan itu kalau memang nggak niat mana ada tulisan itu sampe rampung. Yang ada males duluan yang datang. Bukan begitu, Mas..hehe

      Cus langsung aja, Mas. Tinggalkan jejak disana, atau nggak minta kopi sekalian.

        • Hehe.. Baguslah, aku juga sebenarnya dibilang suka kopi ya suka, tapi nggak pecandu juga..hehe

          In shaa Allah ya, Mas. Tapi kalau draf diary yang siap meluncur mah antara kuliner dan wisata Mangunan dulu nih..hehe

          Tunggu aja update diary berikutnya, Mas.

  • Kalau ada kata asik pedia pasti yg terbayang itu wajahnya jet li. Karena foto profil kang nata yang terpampang wajahnya artis mandarin itu 😂

    Tapi memang isi blognya asik banget. Sama kayak judul artikel ini asikin aja! 😊
    Bahasanya humor dan mengalir begitu saja.. Hehe

  • baik banget emang kang Nata, dia itu selalu balik kunjung blog atau website yang sudah ngasi dan leave comment di blognya,. dan juga orangnya rame kang andy.. sama kay akang Andy asik juga.. Makanya sampai saat ini website saya sama asikpedia selalu saling bw jika ada artikel baru, apapun bahasannyaa.. Semangat kang Andy menulisnya yaaa.. siapa lagi yang mau di review ni hehehe

    • Saya nggak fokus ke review juga kok, Teh..he
      Udah ada list yang siap otw itu antara kuliner dan travelling. Ya, sama saya juga gitu prinspirnya dari awal, pengennya sih setiap yang datang dan meninggalkan jejak pasti tak kunjung balik sembari meninggalkan jejak juga.

      Kalaupun nggak bisa disaat itu juga, paling cari waktu yang tepat yang bisa juga. Karena kesibukan offline juga terkadang membuat lelah. Tapi ya itu, nikmatilah..

      Semangat selalu in shaa Allah, Teh. Semoga istiqomah juga nih dalam berbagi di blog DM.

  • Kang Nata ni termasuk blogger yang rajin BW..sering main ke Blog ku juga.

    Tulisan di blognya temanya simpel, tapi nulisnya pinter..jadi enak dibaca

  • Wah ternyata selama ini Jet Li tinggal di Indonesia dengan nama Kang Nata dan tinggal di Sumatera. Wadaaww jadi Blogger pulak!

    Sempat bingung soal DM-DM-DM ini, kirain Direct Message twitter, ternyata Diary Mahasiswa. hahah

    Pengen juga deh berbagi dan menginspirasi lewat blog, tapi merasa hidup belum menginspirasi jadi nulis yang ada aja dulu, siapa tau dengan hidupku yang receh banget ini banyak yang jadi terinspirasi. hehe

    • Bener tuh, Jet Lie ada di Indonesia, udah jadi blogger juga..hehe

      Hehe.. perlahan nanti tahu juga kok, Mas DM (Diary Mahasiswa), SDM (Sahabat Diary Mahasiswa).

      Berbagi dan menginspirasi menurutku ini ya tulisan yang mana disaat nulisnya asik, santai dan tanpa beban. Dari hal simple dan spele terkadang juga menginspirasi. Misalnya saja, dari segi konsistennya, dari segi pembahasannya, sehingga para pembaca tahu. Ingat apa jadi ingetmas Erick misalnya..hehe

    • Bener banget, Mas. Kalau teori-teori mulu malah nggak jalan-jalan nantinya..hehe
      Baiknya memang gitu menurutku, praktek, nulis langsung. Biarlah para pembaca yang berkomentar, pasti sesekali ada masukan nantinya 🙂

        • Topi kan buat kepala, Kang. Nanti orang terkesima sama rambutnya Jet Li. Gimana tuh, banyak para pekerja salon ingin merawat rambut kang Nata jadinya. Kan jadi asik..haha

          Nggak apa-apa banyak yang tahu juga, siapa tahu mereka mau kasih sesuatu, Kang?

          Kan kita nggak ada yang tahu. So, tunggu aja nanti tahu-tahu ada kiriman, Kang..hehe

  • Kang Nata tentanggaan Kota sama saya
    beda kabupaten aja..
    saya juga baru tau waktu mampir di blognya dia ngmong bahasa sana

    kalo saya mah ngblog ya ngbelog aja
    gak mikirin apa-apa
    yg penting nulis apa yang pengen saya tulis itu saja mas Andi
    yg lain itu saya anggap bonus saja

  • Gak sabar waktu itu sebenarnya tunggu reaksi seorang Andi Nugraha saat blognya di review asikpedia.

    Ternyata gak tau toh kalau blognya lagi di review..

    Sampai komennya bejibun gitu. 🙂

  • Sezuzurnya, nikmatin bet baca ini, hehe. Salam kenal, kak, saya gyerz jaman baheulaaa pisan, uda lama ga "pulang", lama ga buka pesbuk sih, sebenernya, ada yang dihindari ekekek. Tapi gabisa boong, suwer deh, kangen banget ama BE :") dan baca ini tuh kek kesentil-sentil sakit gimana gitu haha. Banyak flashbacknya.. Subur kangennya..

    Maybe after this time, bakal lebih sering mampir BE deh, biar ga kek kacang lupa kulidt :")

    Danke schön :)))

  • Sejujurnya,2013 lalu awal ngeblog saya begitu money-oriented. Karena awal tertarik ngeblog gara-gara liat tetangga bisa dapet duit. Akhirnya ngeblog.

    3 bulan pertama langsung nyerah. Nggak bisa saya. Mana nggak ada pemasukan.

    Offline hampir 5 bulan. Dan nggak tau kenapa pengen login blogspot. Eh, kok masih ada visitor. Nggak banyak tapi ya seneng aja.

    Nah darisana baru nemu nikmatnya nulis. Susah sih kalo money oriented blogging, sekalinya nggak sesuai harapan, ya kecewa. Sudah kecewa, ya males ngeblog.

    Sekarang, ya suka aja. Terlepas dari dapet uang atau nggak, saya nggak begitu peduli. Sing penting nulis, sing penting sharing. Semoga saja bisa memberi manfaat, sedikitnya untuk saya pribadi,mudah-mudahan bisa untuk orang lain juga….

  • bener banget sih, pas iklan tumbang emang semangatnya ikut tumbang.
    tapi, lebih bener lagi kalau niat berbagi itu lebih baik lagi. Memang uangnya belum yang jelas kepuasan sudah tersalurkan. terlebih dengan seringnya berbagi kita bisa lebih saling mengenal banyak orang. nah mungkin setelah itu kita bisa dapat yang lebih dari sebelumnya

    • Wah kalau udah di komen sama teh Aniasa mah, beuh mantun terus..hehe
      Gimana blognya nggak rame, lah setiap hari terisi.
      Harus berguru sepertinya kalau mau pintar pantun dan puisi sama teh Anisa..

  • Waduh! Jadi lupa deh mau komen apa karena keasyikan baca komentar di sini.

    Saya tulis komentar yang baru ya, Ndi. Soalnya kalo mau balas tempatnya jadi mengecil dan semakin mengecil sehingga kurang asyik di pandang mata.

    Iya, nih. Saya mau tunggu kang Nata ganti foto Jet Li. Siapa tahu aja berubah pikiran sehabis baca artikel pak Anton yang ngebahas itu.

    Udah lama kepikiran review balik, tapi harus memperdalam ilmu kungfu eh bacaan dulu tentang Kang Nata.

    Foto yang saya maksud itu juga tidak kelihatan wajahnya, Ndi. Dari samping dan dari belakang.

    • Awas ketiduran, Teh. Baca komen sampe keasyikan..hehe

      Siap, Teh. Padahal sampe mengecil aja nggak apa-apa 😀

      Nah itu, saya belum nemu lho, Teh. Mana foto asli kang Nata yang ada di blognya? Di artikel mana ya?

      Iya pelajari dulu cara ngudek kopi, terus gimana caranya ngudek kopi menggunakan ilmu dalam kungfu..wkwk

      Wah, bener-bener misterius. Satu-satunya kalau pengen tahu ya harus datang ke OKU langsung.

      Kuy, ah rombongan dan fans Jet Li. Meluncur ke OKU.. 😀

  • Pada awalnya ngeblog aadalah untuk mengarsip/doukumentasi tulisan aja sih.. semacam kliping digital gitu.
    selanjutnya, ketika mulai mengajar di sekolah dasar, rasanya asyik aktivitas ngeblog digunakan untuk berbagi cerita, berbagi kabar, mempromosikan sekolah dg blog, hingga curhat. 😀

    salam hangat, Mas. Semoga sehat dan inspiratif selalu..

    • Keren, Mas Fajrin. Menulis memang cara terbaik untuk mengabadikan pengalaman menurutku. Makannya sangat berarti kalau seperti mas Fajrin ini. Bisa ngajar sekaligus bisa di ceritakan di blog.

      Aamiin. Terima kasih, Mas.
      Sukses selalu, Mas Fajrin.

  • Yup ngeblog dibawa asik aja, jangan dibikin pusing. Saya sering juga mampir ke duduk paling depan. Blog Diary Mahasiswa ini memang keren loh, niche traveling dan isi komennya banyak banget… BTW, itu foto kang Nata kok mirip Jet li ya????

  • Setuju banget mas Andi, ngeblog asikin aja, yang penting hepi..
    lebih enak memang mampir ke blog yang asli..ada sentuhan khas yang punya blog daripada mampir ke blog copas
    kalau saya yang niche blognya resep masakan, jadi apa yang saya masak, apa yang ingin saya buat ya saya buat, saya foto dan saya bagikan resepnya, siapa tahu berguna, dan tentunya juga berguna buat saya sendiri, karena terkadang lupa dengan resep2 lama yang sudah pernah dicoba he he he

    terima kasih mas kunjungan mas ke blog saya…

    eh btw kang Nata tuh orang Komering ya… kirain Sunda…wah belum kenal banget neh saya dengan kang Nata.. kang Nata suka dengan masakan pindang meranjat atau pegagan ga ya? ha ha ha…

    • Iya, mba Monic.
      Kang Nata orang OKU.
      Nggak tahu tuh namanya kok ada 'Kang'nya. Hehehe…

      Hanya Andi Nugraha nih blogger yang dengan mudah saya panggil tanpa mas/bang/kang. Soalnya pertama baca artikel di Andi Nugraha yang sekarang jadi DM, berasa langsung akrab sama adminnya.

  • Pas baca bagian "ngeblog diniati dengan ibadah", langsung inget sama salah satu temen blogger sekaligus temen magang saya dulu selama di Jogja. Dia juga sempet 'ngompor-ngompori' saya buat mencoba aktif ngeblog lagi dengan kalimat yang kurang lebih sama dengan kalimat tadi. Ngeblog & ibadah. Jadi kalau bisa usahakan menulis hal-hal baik dan bermanfaat, karena siapa tau bisa menjadi penolong kita ketika di akhirat 😀

  • wah sharing yang bikin asik ini mah hehe.. btw kenal juga sama Teh Vanisha ? aku sering ketemu sama dia di Bandung *maafgakpenting haha
    Kalo ngomongin kang Nata aku baru denger, dan tertarik banget buat kapan2 main ke blognya. Makasih ya Mas untuk sharing ngeblognya 🙂

  • Saya iri mas, tapi iri dalam konteks yang positif. Saya iri untuk motivasi diri sendiri agar bisa seperti mereka yang sukses, saya iri sama mentor mentor dalam internet markering dan lain lain.

  • Kayaknya kenal nama Kang Nata, walaupun cuma nama saja.

    Pernah tuh, lalu tulisan saya di copy paste sama orang, untungnya udah di hapus. Tulisan yang saya buat saat mau UN, ha ha ha.
    Bener banget, untuk nge-blog harusnya dibikin asik aja, nggak usah mikir kedepan kayak apa, nantinya juga kalo tulisannya asik pasti banyak yang suka, bukan?

  • awalnya aku ngeblog mah ngeblog aja karena bingung kerjaan apalagi di internet selain online sosmed. kontennya konten copas, tapi lama-lama diisi sama curhatan nggak jelas wkwk. kalo masalah penghasilan di blog, nggak sih. senengnya karena jadi punya banyak temen.
    btw foto kang nata napa disamar ya, padahal……. he, nggak jadi ah.

  • Woh kirain Kang Nata itu orang Sunda karena orang Sumatra manggil laki2 itu abang, perempuang kakak. Heheheheee…. Ngeblog memang asik, banyak teman2 baru dari berbagai kalangan dan asal.

  • Nah, memang kalau segala sesuatu dimulai dari suka maupun hobi, menulis mah bukan suatu beban melainkan kesenangan. Dapet duit syukurr… belum dapet yang mungkin belum jodohnya hehee… Aku mah disyukuri aja kalau akhirnya hobi bisa mendatangkan rezeki yang ga disangka2 ya, Andi 😀 Mantaapp!

  • Betul Mas, saya setuju dengan blog untuk berbagi dan alhamdulillah juga bila sampai bisa menginspirasi pembaca yang datang berkunjung.

    Semogalah demikian yang kita peroleh dari menulis di blog.

    Salam,

  • kalau ga salah ini dalam rangka saling review ya :3

    hayoo soalnya beberapa blogger sempet saya baca postnya, dan hasilnya ya itu saling review..

    Kang Nata sampai ganti blog beberapa kali, sama seperti saya, ganti blog setelah blog saya yang lama bertahan hampir 6 tahun, karena itu blog personal dan ga berkembang sesuai harapan makanya akhirnya saya private.

    terakhi bikin blog baru deh yang niche nya saya suka banget dan kuasai.

    Soal uang, saya sih ga ngejar banget, niatnya cuma sharing ilmu yang saya punya,

  • yang aku suka dari blog itu, bisa curhat panjang lebar…. hahahah HIDUP penuh curhat kaya saya mah susah yah.. wkwkwk

    iyah ngeblog itu asik banget…. tapi sayang aja waktunya yang kadang nggak sempet.. bukan nggak sempet sih, malah lebih ke malas.. hahahah #gubrak

    jadi pengen kenal sama mas Nata a.k.a jet lee secara dalam #lohh.. ntar mampir ke blognya mas Nata..

  • Niat ngeblogku apa, ya mas? Bikin hati tenang. Soalnya aku yang introvert ini agak susah cerita sama orang yang emang gak bisa aku percaya.

    Bahkan, saya orang tua aja jarang banget ngobrol soal hal yang emang penting buat hidupku. Kecuali, memang melibatkan mereka.

    Salut bgt sama kg Nata, ya mas. Beliau begitu banyak menginspirasi, akunya jadi pengen lagi lebih aktif ngurusin blog.

  • Bener banget Mas. Aku menikmati banget sharing di blog walau cuman curhatan ibu-ibu. Nggak mau muna sih tapi kalo bisa dapet rejeki yah tetep harus disyukuri.

    x

  • Keren banget ya blognya, aku skrn gmasih mlaes2an ngeblog gitu, yah masih labil lah kadang males kadang semangat banget…
    Perlu belajar dari para. Mastah nih kayaknya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *