Cari Spot Selfie & Ngopi Asyik? Udah ke Jurang Tembelan Aja!

DiaryMahasiswaΒ | Hallo, SDM, jangan bosen ya, lagi-lagi #DiaryTravelling ini masih membahas salah satu tempat di Mangunan, Yogyakarta. Tapi tenang, ini tempat yang berbreda kok dari diary sebelumnya. Aku harap bagi kalian yang ingin datang ke tempat ini. Semoga bisa ya, ajak teman-temannya juga biar seru.

Well, langsung aja ya. Nah tempat yang bernamaJurang Tembelan ini kini menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang sedang populer. Kalau kalian tahu lokasi wisata Taman Buah Mangunan, lokasi Jurang Tembelan tidak jauh dari gardu pandangnya.

Ini masih diary dihari Jum’at itu, dimana aku masih sama ditemani Maman, sahabatku. Kalau kalian mau baca ceritaku di daerah Mangunan lainnya bisa cek disiniya.

Tempat wisata yang satu ini terbilang baru di Yogyakarta. Tapi karena spotnya bagus dan banyak juga orang yang datang. Begitu juga yang shareke berbagai media sosial. Jadi viral dan banyak orang yang tahu, bahkan nggak cuma orang yang tinggal di Yogyakarta saja. Orang dari berbagai kota juga rela datang jauh-jauh hanya untuk wisata ke tempat ini.

Jangan heran kalau orang yang datang kesini banyak yang memakai kalung kamera..hehe. Maksudnya bawa kamera gitu. Soalnya para wisatawan biasanya yang datang untuk selfie dan memotret sunrise atau matahari terbit.

Ada apa aja sih di Jurang Tembelan ini, Ndi?
Banyak. Salah satunya itu tuh foto perahu macam titanic gitu. Tapi kalau kalian takut akan ketinggian harus hati-hati. Nanti gemetaran…hehe

Aku sendiri juga orangnya takut ketinggian, hanya saja aku suka penasaran dan ingin mencoba. Dan alhasil foto di perahu itu. Waktu aku foto sih bayar seiklasnya dan uangnya dimasukan ke kotak yang tersedia dekat spot foto.

Waktu itu kami nggak terlalu ujung untuk berdiri di perahunya. Karena aku takut jatuh. Bukannya kenapa, bambu yang digunakan menurutku sudah cukup kering dan rawan akan patah. Makannya hati-hati banget.

Untuk bisa naik ke perahu juga ada kapasitasnya, yaitu 2 orang. Kami sendiri satu-satu biar gantian saling fotokan..hehe

Sempat antri sih satu sampai dua orang saja. Kalau bukan dihari weekendmemang sepi ini tempat. Maksudnya nggak seramai dihari libur gitu.

Awalnya Maman aja nggak mau naik, tapi karena udah disitu dan kebetulan Jum’at itu nggak terlalu ramai, jadi sekalian foto dah. Dari pada nggak, kan nggak tahu kapan bisa datang lagi ke Jurang Tembelan ini.

Kalau difoto dari belakang ya seperti ini, keren karena ada bendera Indonesianya. Kesannya memang indonesia banget. Dan yang jelas ini tempat adanya ya di Indonesia.

Meskipun Jurang Tembelan ini tergolong wisata baru, tetapi mempunyai potensi wisata yang menjanjikan. Buktinya saja hampir setiap akhir pekan, tempat wisata baru di Mangunan ini selalu ramai dipadati pasangan muda mudi yang datang ingin selfie.

Tempat wisata Jurang Tembelan sudah memiliki warung kopi, jadi kalian bisa menikmati secangkir kopi hangat sambil menunggu sunrise.

Karena waktu itu siang hari, jadi kami nggak ngopi tapi belinya es. Biar suegerrr. Kebetulan tempatnya asik juga, jadi bisa sekalian istirahat sembari melihat pemandangan sekitar.

Spot foto berupa gardu pandang yang paling dekat dengan lokasi warung kopi ini ada nggak, Ndi? Ada malahan dekat banget, keliatan juga dari tempat duduk diwarung kopi itu. Jadi sembari antri foto bisa neduh di warung kopi.

Di tempat ini juga aku sempat menjemur pakaianku yang basah karena keringat. Kebetulan kalau aku main selalu membawa lebih dari satu kaos atau baju. Tujuannya biar bisa ganti dan disaat foto nggak pake baju itu-itu aja. Kemudian bisa juga untuk shalat. Karena kalau shalat menggunakan pakaian yang berkeringat juga kurang nyaman.

Sepertinya memang agak sulit untuk mendapatkan sunrise di Jurang Tembelan ini. Karena biasanya kabut dan awan selalu turun terutama saat musim hujan. Aku sarankan untuk mendapatkan sunrise di Jurang Tembelan itu ya disaat musim kemarau.

Tak jarang bahkan beberapa wisatawan merupakan penggemar sepeda gunung. Trek di daerah Mangunan cocok untuk penggemar downhill. Jadi, kalian juga bisa menggunakan sepeda selain sepeda motor.

Aku juga sempat sih menggunakan sepeda, tapi bukan sepeda downhill melainkan fijo (fixie ijo). Waktu itu sampe ke hutan pinus aja, kalau ke tempat-tempat seperti Jurang Tembelan takutnya ban fixienya pecah. Kan repot.

Baca juga : Gowes Bareng Fijo (fixie ijo) ke Hutan Pinus Mangunan

Di tempat ini salah satu daya tariknya tidak lain adalah pemandangan Kebun Buah Mangunan dan Sungai Elo. Lokasinya yang berada di dataran tinggi cocok untuk mengabadikan foto landscape.

Jurang Tembelan ini padahal baru dibuka sebagai tempat wisata pada bulan Agustus 2016. Belum lama kan, tapi ya itu yang tahu udah banyak banget. Kalian kalau penasaran akan foto disaat pagi atau menjelang sore. Cari aja di instagram pasti banyak.

Oh, ya menurutku sih tempat ini lebih menarik orang-orang datang dibandingkan Bukit Panguk.Karena keberadaan gardu pandangnya lebih instagramable. Tapi itu semua tergantung masing-masing sih. Apapun itu kita sebagai blogger kemanapun itu harus ikut tetap menjaga kebersihan dan jangan sampe merusak. Setuju ?

Ada juga gardu pandang yang tempatnya lebih tinggi dan waktu itu cukup antri untuk bisa naik ke tempat itu. Banyak ibu-ibu yang sedang foto juga..hehe

Kalau lihat difoto sih sepertinya aku terlihat santai dan menikmati pemandangan. Tapi percayalah waktu itu puanas banget. Sampe-sampe aku jemur pakaian kan ^_^

Ada juga spot loveseperti ini. Banyak ya? Sepertinya memang hampir disetiap wisata saat ini diberbagai kota banyak terdapat spot love. Lagi hitsmemang.

Nah kalau yang ini sedang hits di instagram dan kebetulan waktu itu berseliweran aku lihat. Hanya saja sudah rusak nih, sayap kudu-kupunya sudah banyak yang sobek. Mungkin saat ini sudah diperbaharui jadi bagus lagi. Semoga saja!
Dan ada juga spot yang cukup menarik dan unik. Ini spot sangat cocok untuk anak-anak yang ikut berwisata kesini. Awalnya aku nggak mau mengabadikan foto dipesawat ini. Tapi udah kesini daripada enggak. Pede aja, yang penting foto. Biarin yang nunggu antri, yang penting nggak terlalu lama, kasihan gantian karena panas juga cuacanya.

Awalnya Maman hanya ingin fotoin aku saja, tapi aku suruh untuk duduk juga, biar ikut eksis dan bisa majang di Diari Mahasiswa πŸ™‚

Selain itu pesawat ini juga dilengkapi dengan helm, layaknya helm yang digunakan untuk tempur. Dan ada juga senjata yang bisa digunakan untuk melengkapi gaya foto dipesawat ini. Gimana, keren bukan?

Ada yang mau ikut denganku? Kita keliling Mangunan dengan pesawat ini. Nanti kamu cukup duduk dan pegang senjata aja, kalau ada yang ganggu tinggal, “Doorrr”..hehe

Di Jurang Tembelan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Diantaranya :
1. Dua Gardu Pandang
2. Gazebo
3. Warung
4. Tempat Parkir

Tiket Masuk Jurang Tembelan?
Waktu itu kami belum dikenai harga tiket masuk, namun tetap harus membayar ongkos parkir untuk kendaraan yang kami gunakan sebesar Rp.3.000,- (motor). Untuk tahu tarif parkir kendaraan lainnya, kalian cek foto dibawah ini ya.

Jika ingin ke Jurang Tembelan, kamu hanya tinggal berpatokan pada area gerbang masuk Gardu Pandang Mangunan. Dari situ sudah bisa melihat papan petunjuk menuju Jurang Tembelan. Sangat informatif dan mudah untuk ditemukan.

Sekadar informasi bahwa medan jalan menuju daerah Mangunan memang cukup terjal dan memantang. Jadi perlu kehati-hatian dan keterampilan berkendara. Terutama pada saat hujan turun, jalan akan semakin licin. Jadi, pastikan kendaran yang kalian gunakan dalam kondisi terbaik saat ke Mangunan.

Untuk kalian yang ingin datang ke Jurang Tembelan ini bisa datang langsung ke alamat Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogyakarta.

Jaraknya dari pusat kota Yogyakarta sekitar 22 kilometer dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat sektiar 1,5 jam.

180 Responses for Cari Spot Selfie & Ngopi Asyik? Udah ke Jurang Tembelan Aja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *