#DiaryLebaran #1, Kupat Tahu Menjadi Menu Andalah Dihari Lebaran

DiaryMahasiswa.com | Di hari kemenangan pertama ini aku mengajak temanku, Ipan untuk pergi sholat id bareng jalan kaki. Padahal dari rumah pukul 06.00 sesampainya disana masjid sudah penuh, terpaksa aku dan Ipan duduk di luar dengan karpet menggunakan sajadah. Tidah hanya aku tapi banyak puluhan orang yang baru datang dan mereka membawa karpet dari rumah yang ukurannya lumayan besar. Ada yang cukup untuk lima orang dan bahkan lebih.

Disana bertemu juga dengan saudaraku, Ade Tiar. Karena tak ada tempat akhirnya bareng duduknya bertiga. Ade dan Ipan sedikit berkeringat karena kepanasan, sedangkan aku beruntung karena terhalang pohon kecil. Tapi panas dipagi hari panas yang sehat. Sholat di luar masjid dengan didalam tentu berbeda, selain kurangnya khusu ketika mendengarkan ceramah, kita juga tak bisa melihat langsung siapa yang ceramahnya.

Setelah selesai sholat, kami pulang dengan jalan kaki, setelah diamati tak ada yang jalan kaki selain aku dan Ipan dari RT ku. Yang lainnya kebanyakan menggunakan motor. Banyak juga yang tidak menggunakan apa-apa alias tak berangkat. Dan banyak juga yang membuat dan membunyikan petasan, aku heran kenapa setiap idul fitri selalu ada petasan, selalu membakar uang.

Setiap idul fitri di tempatku, selalu berkumpul dirumahku. Meskipun keliling ke setiap rumah-rumah, nantinya pemberhentiannya dirumahku. Ramai sekali dan senang rasanya bisa berkumpul bersama dengan orang-orang tercinta dan orang-orang yang jarang bertemu karena kerja diluar kota. Di hari kemenangan inilah kami semua berkumpul saling bermaaf-maafan.

Idul fitri identik dengan ketupat dan opor ayam. Di rumahku sendiri biasanya membuat ketupat, tapi karena kemarin kondisi kakek dan nenek belum sehat jadi tidak membuat ketupat. Tapi bukan berarti tak bisa menikmati ketupat. Alhamdulilah ada yang memberi ketupat untukku. Biasanya setiap main ke rumah temen atau saudara pasti ditawarin ketupat.

Di lebaran hari pertama juga aku membuat ketupat sendiri dan dibantu oleh saudaraku. Seperti ini kegiatan membuat ketupatnya.

Hal pertama yang aku lakukan yaitu memotong ketupat terlebih dahulu, kemudian menyajikannya ke dalam piring. Karena waktu itu ada ua, dan saudara yang ingin kupat tahu juga jadi sekalian aku bikinkan. Mulai dari memotongnya hingga membuat bumbu. Untuk bumbu sendiri sebenarnya aku belum bisa membuatnya, mau nyuruh Ibu tapi tidak bisa, Ibu malah nyuruh balik ke aku, terpaksa aku minta bantuan saudara perempuan. Siapa tahu bisa.
Namanya Henny, katanya sih bisa masak makannya aku minta bantuan untuk membuatkan bumbu kupat tahu. Sebelumnya aku belum pernah memakan masakannya, tapi biasanya kalau perempuan pasti bisa masak, meskipun pada kenyatannya tidak semua perempuan bisa masak. Tapi sebagai calon istri yang baik sebaiknya harus bisa masak yah, agar nanti ketika berkeluarga tidak hanya beli terus, seenak-enaknya masakan hasil beli tetap saja enakan masakan Ibu. Tuh jika perempuan bisa masak, pasti masakannya akan selalu bikin kangen anaknya.. hee
Sembari motongin kupat, aku belajar ngulek bumbu. Setiap ulekan kami selalu mencobanya apakah sudah pedas, atau terlalu asin atau kurang garam. Meskipun sedang flu tapi tak ada henti-hentinya aku meminum es, sedangkan Henny sedang sakit tenggorokannya sehingga aku yang harus mencoba bumbunya. Setiap aku coba selalu ada yang kurang, tidak pedas lah, kurang asin lah bahkan terlalu manis seperti aku.hee.
Karena merasa mentok sama-sama gagal dalam membuat bumbu, aku sengaja minta bantuan kepada ua agar rasanya pas. Tapi beliau juga tidak bisa mencicipi karena sama-sama sedang sakit tenggorokannya, lagi-lagi aku yang mencicipi. Meskipun kurang pedas tapi tidak apa-apa, jadi beginilah bumbu yang sudah jadi.
Setelah selesai tinggal tuangkan bumbunya ke dalam kupat yang sudah di atas piring. Bagaimana pun bentuk kupatnya asal itu bikinan sendiri akan tetap enak dan nikmat. Di hari kemenangan ini memang sudah tak asing lagi kalau disetiap rumah ada ketupat. Selain ketupat biasanya ada opor ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *