Diary Ramadhan #11, Belajar Memahami SKS, Hindari dan Jauhi

www.andinugraha.com – Dihari puasa yang ke sembilan ini bertepan dengan ujian akhir semester di kampusku. Mata kuliah yang pertama kali diujiankan itu berhubungan dengan angkat. Lagi-lagi sampai duduk dibangku kuliah harus tetap berhubungan dengan angkat. Sejak SMA aku tidak suka dengan pelajaran seperti matematika dan fisika. Wajar saja aku masuk ke IPS ketika masa putih abu-abu. 
Teknik Riset Operasi adalah mata kuliah yang pertama kalinya di ujiankan. Meskipun aku tidak suka dengan mata kuliah yang berbau angka, tapi tetap berusaha untuk memahami. Seringkali mata kuliah yang aku tidak suka aku selalu tak diperhatikan. Setiap mau ujian aku selalu buat SKS, Sistem Kebut Semalam. Dimana dihari terakhir menjelang ujian aku baru belajar. Meskipun sebelumnya ada waktu beberapa hari yang seharusnya bisa digunakan untuk belajar.

Hasilnya ? Wow, sangat-sangat tidak memuaskan. Alhasil ketika kau sedang mengerjakan aku sangat kebingungan. Apalagi aku orangnya tidak cukup sekali dua kali untuk bisa memahami apa yang sedang aku pelajari. Mungkin bagi kamu yang terbiasa memahami atau daya ingatnya lebih cepat. Terutama ketika sang dosen menerangkan dan kamu langsung paham.

Sistem ini tidak bagus sekali buatku, kamu, kalian semua. Selain merugikan, sistem SKS ini juga bagaikan penyakit yang datang ketika hendak ujian tiba. Sebenarnya banyak faktor yang membuatku tak nyaman dengan sistem SKS ini, diantaranya;

Otak Layaknya Badan, Yang Harus Istirahat. Dengan menggunakan sistem kebut semalam ini sudah pasti hasilnya kurang maksimal, karena kurangna waktu untuk belajar sehingga membuat sedikitnya memahami.

Kita juga perlu tidur dengan waktu yang cukup sehingga badan dan otak lebih fresh. Namun ketika waktu istirahat digunakan untuk belajar sistem kebut semalam maka waktu istirahat juga akan terkuras. Sistem kebut semalam juga akan menurunkan kualitas berpikir.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, kita juga perlu belajar. Belajar itu bukan sekali tapi setiap kali. Belajar juga butuh ketenangan pikiran. Jangan terburu-buru dalam mempelajari materi ataupun mata kuliah.

Selain itu belajar juga perlu berlatih, cobalah membuat jadwal untuk belajar setiap harinya, meskipun hanya 10 menit asalkan rutin pasti hasilnya berbeda dengan sistem kebut semalam. Salah satu dampak yang paling berbahaya dan sering terjadi yakni belajar SKS dalam kondisi mau menghadapi ujian.

Jadi sistem SKS itu sangat berhaya dan harus dihindari. Menurut kamu ? Share ya di kolom komentar dibawah ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *