Eksplorasi Wisata Jember Paling Populer

DiaryMahasiswa | Liburan merupakan salah satu caraku membangkitkan semangat. Disisi lain liburan juga bisa melepas stres akibat rutinitas dan pekerjaan yang menjemukan. Tidak perlu travelling jauh ke luar negeri. Sebab di negeri zamrud khatulistiwa ini tempat wisata sangat mudah ditemukan.

Mulai dari wisata pantai, danau, hutan, tebing, pegunungan semuanya ada. Terlebih dengan wisata buatannya, di Indonesia sangat buaaaanyak, bahkan diberbagai kota pun mudah untuk ditemukan. Misalnya saja ada Taman Mini Indonesia Indah, Dufan, Jogja Bay, Jawa Timur Park, Trans Studio Bandung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari banyaknya wisata alam atau buatan, saat ini aku ingin sekali mengunjungi keduanya yang ada di kota Tembakau. Rasanya memang kurang kalau untuk menjelajahi wisatanya dalam sehari. Bahkan untuk menuliskannya pun tidak cukup satu lembar.

Aku biasa menuliskan tempat wisata yang ingin dikunjungi dalam buku diaryku. Dan Jember jadi salah satu kota yang sudah masuk list #DiaryTravellingku. Disitu aku menuliskan destinasi wisata Jember yang ingin dikunjungi.

Pertama aku ingin sekali mengunjungi Taman Botani Sukorambi, selain ingin menikmati wahana yang ada. Tertarik juga belajar langsung tentang hidroponiknya. Julukan kota Jember sebagai kota Tembakau ini tidak hanya sekedar julukan, melainkan bener-bener ada museumnya. Dan aku ingin sekali mengunjunginya.

MUSEUM TEMBAKAU JEMBER

Mungkin tak banyak orang yang tahu tentang keberadaan potensi kota ini. Jember merupakan salah satu eksportir tembakau terbaik di dunia. Sejak dulu kuba dikenal sebagai penghasil tembakau dan cerutu terbaik dunia. Namun, saat ini mendapat saingan yaitu tembakau dari Jember. Makannya tak salah lagi kalau tembakau dijadikan logo Kabupaten Jember.

sounce pict/komunitaskretek.or.id

Kuba disini bagi yang belum tahu disebut juga dengan Republik Kuba. Sebuah negara yang terletak di kepulauan Karibia. Gak mungkin kan aku jauh-jauh kesana kalau di Indonesia juga bisa belajar tentang tembakau.

Tujuanku ke Museum Tembakau di Jember yaitu ingin sekali lebih tahu langsung tentang tembakau. Dan ingin membuktikan sendiri kalau tembakau itu tidak melulu sebagai tanaman yang membawa sisi negatif. Tapi disisi lain tembakau juga bisa digunakan untuk pembuatan produk yang berdampak positif.

Diantaranya tembakau bisa digunakan untuk bahan produk seperti pestisida, pupuk organik, minyak atsiri, bahkan bisa juga digunakan untuk bahan parfum.

Alamat museum tembakau ini berada di Jl. Kalimantan No.1, Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur

Sebutan Jember tidak hanya sebagai kota tembakau saja, namun Jember juga dikenal sebagai kota seribu bukit. Makanya aku ingin sekali pergi ke salah satu bukit yang sedang poluper di kota Jember. Bukit SJ88 namanya.

BUKIT SJ88

Sebuah nama tempat wisata yang unik. Nama tersebut ternyata singkatan lho. Huruf S dari kata Sucopangepok, sebuah nama desa dimana bukit ini berada. Huruf J dari kata Jelbuk, nama kecamatannya. Sedangkan angka 88 sendiri diambil dari bentuk batu yang mirip angka delapan. Namun ada juga yang bilang kalau angka delapan itu diambil dari tingginya bukti ini. SJ88 memiliki ketinggian 880 MDPL (meter di atas permukaan laut).

source pict/kitamuda.id

Dari puncak SJ88 kita bisa melihat kota Jember dari ketinggian. Terlebih disaat sunrise atau sunset. Kebayang gak sih indahnya seperti apa. Puncak ini memang menawarkan tempat yang tak biasa. Tiket masuknyanya juga cukup terjangkau, pengunjung hanya membayar Rp.7.000,- saja. Harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu, tapi aku yakin tetap terjangkau.

Ingin rasanya aku duduk santai diatas bukit SJ88 sembari melihat indahnya pemandangan diatas awan. Yang perlu dipersiapkan kalau ke bukit ini yaitu stamina. Karena untuk sampai ke bukit yang tingginya 880 meter di atas permukaan laut ini menghabiskan waktu selama satu jam dengan jalan kaki. Meskipun sangat menguras tenaga, namun perjuangan tersebut akan terbayar lunas setelah sampai di puncaknya.

Selain bisa menikmati pemandangan diatas awan, pengunjung juga akan dimanjakan dengan keindahan ornamen payung gantung yang ada.

source pict/instagram.com/afaf_rodiyyah

Terdapat juga hammock yang bisa pengunjung gunakan guna melepas lelah sembari santai. Terlebih jika laper, kita bisa membeli makan di warung yang tersedia di lokasi ini, lengkap dengan mushola dan toiletnya. Tidak hanya itu, tempat hits di Jember yang satu ini memiliki gardu pandang seperti halnya di Kali Biru Yogyakarta. Tempat ini paling banyak pengunjung manfaatkan untuk foto sembari menikmati hijaunya pemandangan.

source pict/instagram.com/jatimku
Alamat SJ88 ini berada di Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Setelah menikmat keindahan alam di atas awan paling cocok bermain air. Di kota seribu bukit ini terdapat juga banyak pantainya yang tak kalah asri.

WISATA PANTAI DI JEMBER

Pantai yang masih asri biasanya udara pantainya jauh dari ion negatif. Hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, sehingga moodakan terasa lebih baik. Makannya pantai menjadi salah satu tempat yang dapat mengurangi depresi. Meskipun hal ini akan sama dirasakan disetiap pantai. Bagiku mengunjungi pantai disetiap kota yang berbeda tetap saja memiliki ciri khasnya tersendiri.

Misalnya dengan keindahan pantai Payangan di Jember. Pantainya memiliki 4 pantai, 3 bukit dan 1 pulai. Azaming kan, nah selain itu Payangan juga dikenal dengan pantainya para nelayan. Sebab penduduk sekitar sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Asiknya lagi pengunjung bisa membeli ikan segar dari para nelayan langsung.

PANTAI PAYANGAN

Meskipun sebagian besar warganya bekerja sebagai nelayan, bukan berarti tidak peduli akan pantai Payangan ini. Buktinya fasilitas yang tersedia seperti tempat parkir, toilet dan warung makan, warga sekitar yang menyediakannya.

source pict/instagram.com/asliindonesia.net

Sayangnya kendaraan umum belum tersedia ke lokasi ini. Sehingga pengunjung mengharuskan membawa kendaraan pribadi, baik berupa kendaraan roda empat ataupun dua. Bagi yang tidak membawa terdapat ojek yang siap mengantarkan sampai ke lokasi pantai.

Alamat Pantai Payangan ini berada di Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Berbeda dengan Pantai Watu Ulo, dimana pantainya dikenal dengan ombaknya yang berbahaya, jadi harus hati-hati. Disini pengunjung bebas bermain pasir dan menikmati pemandangan dari atas batu yang panjangnya 25 meter. Batu inilah yang kemudian disebut dengan watu ulo karena bentuknya yang menyerupai ular dengan sisiknya.

PANTAI WATU ULO

Watu dalam bahasa Jawa memiliki arti batu, sedangkan ulo berarti ular. Jadi watu ulo adalah batu ular. Sebuah batu memanjang itulah yang mendasari penamaan pantai ini. Sebenarnya ada beberapa versi cerita yang dijadikan penamaan pantai Watu Ulo ini. Namun intinya sama mengarah pada terbentuknya batu memanjang yang mirip dengan ular.

source pict/instagram.com/merdeka.com

Selain bisa menikmati pemandangan dari atas batu yang menyerupai ular, pengunjung juga dapat mengunjungi dua goa yang sedang populer ditempat ini. Goa Kelelawar dan Goa Jepang namanya.

Goa Kelelawar ini didalamnya terdapat banyak kelelawar, makanya namanya sesuai dengan keadaannya. Sedangkan Goa Jepang sendiri merupakan goa peninggalan zaman penjajahan Jepang. Besar kemungkinan goa ini dulunya menjadi tempat persembunyian prajurit Jepang.

Meskipun sudah lama, goa ini masih bagus dan kokoh, terlebih pintu masuknya yang terbuat dari Beton. Selepas menjelajahi semuanya, pengunjung bisa melepas lelah di warung yang ada di sekitar pantai.

Alamat Pantai Watu Ulo ini berada di Desa Ambulu, Kecamatan Sumber Rejo, Kabupaten Jember Jawa Timur.

Pantai yang ada di Jember ini tidak hanya populer, namun terdapat pantai dengan keindahannya yang eksotis. Salah satunya pantai Papuma namanya. Nama Papuma sendiri sebenarnya singkatan dari “Pasir Putih Malikan”. Hingga saat ini singkatan tersebut lebih familiar ditelinga para pengunjung.

PANTAI PAPUMA

Nama Malikan diberikan langsung oleh Perhutani saat dibukanya tempat wisata ini. Papuma dikenal juga sebagai Pantai Tanjung Papuma. Perbukitan yang mengelilingi pantai ini membuatnya nampak terlihat asri dan alami. Selain berenang para wisatawan juga bisa outboundatau berkemah.

source pict/travel.kompas.com

Yang membuat banyak orang betah berlama-lama di pantai ini adalah keindahannya. Meskipun dibolehkannya berenang, namun tetap ada larangan atau batas untuk berenang.

Alamat Pantai Papuma ini berada di Di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Serunya bermain air tidak melulu harus di pantai. Di Jember sendiri terdapat sungai yang airnya jernih dan bersih. Namun arusnya cukup deras, letaknya di Jumerto, Patrang kabupaten Jember, Jawa Timur. Tempat ini dijadikan tempat wisata bernama Rafting/Arung Jeram Jumerto Patrang.

ARUNG JERAM JUMERTO PATRANG JEMBER

Rafting atau arung jeram merupakan suatu aktifitas olahraga yang memadukan unsur petualangan adventure, adukasi dan rekreasi dengan mengarungi alur sungai yang ber’jeram’ menggunakan media boat karet, kano dan juga dayung.

Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini tidak hanya sekedar mengarungi sungai, tapi sekalian menguji nyali. Meskipun aktifitas arung jeram ini memiliki resiko. Asalkan kita bisa mengikuti peraturan yang diberikan pemandu semuanya akan aman-aman saja.

source pict/visitalesund.com

Wisata ini memang terbilang baru di Jember, tepat pada bulan Mei 2017 lalu didirikan. Namun sudah banyak orang yang datang dan menikmati wisata ini. Pengunjung yang mau menikmati keseruan bermain arung jeram cukup menyediakan dana sekitar Rp.75.000,- hingga Rp.150.000,- saja. Bahkan ada penawaran harga khusus untuk pelajar, dengan membayar Rp.50.000,- sudah bisa menikmati wisata ini.

Dari dana yang dikeluarkan pengunjung juga akan mendapatkan fasilitas seperti makan, snack, coffe break, transportasi, tim leader, tim rescue, guidehingga asuransi sekalipun ada. Tidak hanya itu, bagi pengunjung yang suka foto, pengelola menyediakan tim khusus untuk dokumentasi.

Tempat bermain air di Jember tidak hanya itu saja. Ada lagi tempat yang mana pengunjung bisa bermain air sembari menikmati pemandangan dari ketinggian. Dimana lagi kalau bukan di Rembangan Jember. Sebuah tempat wisata yang dibangun pada masa kolonial Belanda. Lebih tepatnya pada tahun 1937 yang didirikan oleh Mr. Hofside.

REMBANGAN JEMBER

Menikmati pemandangan dari ketinggian memang memberikan sensasi tersendiri. Seperti halnya di puncak SJ88, namun di Rembangan ini pengunjung bisa menikmatinya pada saat malam hari juga. Dimana cahaya bintang yang begitu indah menampakan cahayanya. Terlebih ditemani dengan orang tersayang, suasana pasti akan jadi romantis.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk menyegarkan diri dari padatnya rutinitas yang kita jalani. Apalagi hanya 15 KM saja jaraknya dari pusat kota Jember. Asiknya lagi untuk bisa sampai ke Rembangan akses jalannya cukup baik dan bisa dilalui kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

source pict/wisatajatim.info

Puncak Rembangan memiliki ketinggian 650 meter dari permukaan laut. Selain pemandangannya yang indah, udaranya pun sejuk, membuat betah ingin berlama-lama. Daya tarik masyarakat akan tempat ini yaitu suasana malamnya dapat melihat panorama kota Jember dari ketinggian.

Terdapat juga kolam renang ditempat ini. Mulai dari kolam renang untuk orang dewasa hingga anak-anak juga ada. Adanya hotel dan restoran membuat rembangan semakin cocok untuk dikunjungi. Dilengkapi juga dengan adanya perkebunan buah naga, pertenakan sapi perah dan perkebunan kopi rayap Jember.

Tempat wisata Rembangan berada di Kemuning Lor, Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tersedianya kolam renang di tempat wisata memang menyenangkan bagi sebagian orang, dimana pengunjung bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan stres atau sekedar olahraga. Di Jember sendiri ada tempat wisata yang khusus menyediakan tempat berenang saja. Namanya Pemandian Kebon Agung.

PEMANDIAN KEBON AGUNG

Tempat wisata ini mempunyai kolam renang yang nyaman dan aman untuk para pengunjungnya. Terdapat dua buah kolam renang ditempat ini. Yang membedakan kolam renang ini dari yang lainnya yaitu terletak pada sumber airnya yang berasal dari mata air Watu Remuk. Dan airnya mengalir terus tanpa henti.

source pict/tempatwisatajember.blogspot.co.id

Untuk kolam renang dewasa memiliki panjang 50 meter dan lebar 20 meter. Cocoknya untuk orang yang sudah mahir berenang, karena kedalamannya sekitar 4 meter. Sedangkan untuk anak-anak tersedia dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam. Tempat ini juga sering digunakan untuk belajar berenang. Jadi sangat cocok bagi yang belum bisa berenang untuk belajar sembari wisata.

Seperti kolam renang pada umumnya. Pemandian Kebon Agung juga menyediakan restoran dengan berbagai menu andalannya. Bagi yang ingin bermalam, tersedia juga fasilitas berupa hotel di tempat ini. Tiket masuknya juga terbilang murah, pengunjung cukup membayar sebesar Rp.7.000,- saja. Buka sedari pagi hingga sore.

Alamat Pemandian Kebon Agung ini berada di Kebon Agung, Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tempat wisata yang berkaitan dengan air memang sangat banyak di Jember, wajar saja kalau saat ini Jember makin rame. Satu lagi yang ada dalam list buku diaryku yang ingin aku kunjungi adalah Kebun Teh Gunung Gambir. Jujur selama ini aku belum pernah ke kebun teh. Pernah berencana ingin mengunjungi kebun teh yang ada di Tasik 2 tahun lalu namun belum kesampaian karena suatu hal.

Saat ini aku niatkan dan ditulis semoga saja bisa travelling ke Jember sekaligus bisa berkunjung ke kebun tehnya. Tak banyak yang tahu kalau kota Jember ini memiliki tanah yang subur membuat kota ini cocok untuk ditanami berbagai tanaman. Salah satunya ya kebun yang ada di gunung gambir ini.

PERKEBUNAN TEH GUNUNG GAMBIR

Lokasinya yang berada di lereng pegunungan, membuat perkebunan teh ini tersembunyi dan cukup sulit untuk dijangkau. Pengunjung memerlukan sedikit perjuangan untuk sampai. Dengan ketinggian 900 MDPL (meter di atas permukaan laut), dengan jarak sekitar 48 kilo meter dari pusat kota Jember. Pengunjung yang ingin ke kebun teh ini sangat tidak disarankan menggunakan motor matic.

source pict/rebanas.com
 
Pesona alamnya yang masih asri membuat kebun teh ini wajib untuk dikunjungi. Pengunjung yang datang mendapatkan fasilitas seperti camping groundatau bumi perkemahan, cocok bagi pecinta alam, jogging track, lapagan tenis, penginapan berupa villa dan yang lainnya.

source video/youtube.com/oritjember

Melihat hijaunya perkebunan teh membuatku terbawa seolah sedang melihatnya langsung. Ingin rasanya bisa menginjakkan kaki disana kemudian berkata. “Tuhan bantu kami menjaga indahnya alam ini.”

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan
Referensi :
http://www.eastjava.com/tourism/jember/ina/kebon-agung.html
http://www.huntingkita.tk/2017/08/wisata-terbaru-arung-jeram-jumerto.html
https://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/jawa-timur/tempat-wisata-di-jember
http://tentangkotajember.blogspot.co.id/2013/05/rembangan-ada-puncak-di-jember.html
http://blusukanjember.blogspot.co.id/2018/03/perkebunan-teh-gunung-gambir-green-tea.html

149 Responses for Eksplorasi Wisata Jember Paling Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *