Kangen Babeh Angkringan

DiaryMahasiswa | Kalau kamu mahasiswa di Jogja atau merantau di Yogyakarta tentu sudah tidak asing lagi dengan angkringan. Angkringan itu sangat akrab dikenal oleh masyarakat, terutama di Jawa. Umumnya Angkringan berupa warung tenda sederhana dengan waktu operasi mulai sore hari sampai malam sekitar pukul 01.00 bahkan lebih. Tetapi ada juga angkringan yang buka di siang hari.

Selamat di perantauan aku kenal dengan angkringan. Angkringan Babeh namanya, itu yang biasa aku sebut. Dan semua teman-temanku akrab memanggilnya babeh. Angkringan babeh sama seperti angkringan-angkringan pada umumnya, hanya saja pemiliknya lebih akrab dipanggil babeh.

Begitu juga oleh anak-anak kost reges, kost dimana tempat aku tinggal. Hampir semua anak kost reges makannya selalu diangkaringan babeh. Nama beliau Pri, nggakt tahu lengkapnya Pri siapa. Yang jelas ada saja yang memanggilnya babeh atau babeh Pri.

Hampir setiap malam selalu mampir di angkringan babeh. Menu paling digemari dari angkringan ini tentu saja nasi Kucing (yang dalam bahasa Jawa disebut sego kucing). Biasanya lauknya seperti tempe sambal kering, teri goreng, sate telur puyuh, sate usus, sate ceker, dan ikan bandeng menjadi menu tambahan. Sedangkan untuk minuman, umumnya menjual wedang jahe, susu jahe, es teh manis, es jeruk, es tape dan kopi.

Aku paling suka dengan es tehnya, biasanya setiap pulang futsal aku selalu minum es di angkringan babeh. Terkadang aku suka minum sampe lebih satu gelas. Paling banyak 5 gelas.hehe. Dasan gila es, ucap temenku. Heran! Habis rasanya enak aja gitu, beda dengan es teh di angkringan lain yang pernah aku coba.

Memang aku tidak pernah minum kecuali pake es di rumah, mau siang, sore malam bahkan tengah malam pun pasti minumnya es. Terkadang aku suka bilang sama teman-teman, kalau sehari belum minum es itu berarti aku belum minum dalam sehari. Saking dekatnya, setiap babeh tidak jualan, anak-anak kost pasti tanya kemana, disaat sakit pasti berusaha menongok semuanya ke rumahnya.

Kalau sudah sembuh, pasti babeh ngabarin aku ataupun yang lainnya. Bahkan kalau aku mau pesan makan aja tinggal kirim pesan singkat terlebih dahulu. Minta berapa nasi disediakan. Jadi nanti agak malamam baru bisa aku ambil dan makan.

Babeh sendiri jualan sampai larut malam, malah pagi. Biasanya pukul 03.00 baru pulang ke rumah. Dan itu memang kebanyakan yang jual angkringan seperti itu. Sampe larut pagi demi mencari rezeki.

Pokoknya angkringan babeh paling beda dengan yang lainnya. Teman-teman pernah makan apa aja di angkringan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *