Alhamdulilah Akhirnya ! Pecah Telor Juga di Tahun 2017

DiaryMahasiswaΒ |Hai, sahabat diary. Gimana kabar kalian? Nggak terasa ya sudah memasuki penghujung tahun 2017. Bisa kita hitung beberapa hari lagi untuk ganti tahun ke 2018. Semoga doa dan cita-cita kalian semua di tahun 2017 tercapai ya. Yuk sejenak ucapkan alhamdulilah.

Jangan kaget bagi kalian yang sering baca diaryku. Karena tampilannya berubah ya, ini salah satu caraku untuk menyambut tahun 2018. Semoga lebih rajin lagi nulis diarynya.

Tahun 2017-ku juga sama seperti kalian, di tahun ini punya cita-cita, mimpi atau biasa disebut sebagai resolusi. Namun, bagiku semua itu bagian dari kalender impianku. Di tahun 2017 ini aku merangkumnya dengan 7 point yang harus aku capai di tahun ini.

Lantas, apa hasilnya, Ndi?

Sebelum lanjut baca, aku mau sekalian kasih pengumuman nih buat kalian semua. Untuk menyambut tahun 2018, aku resmikan domain andinugraha.com diganti dengan diarymahasiswa.com. Jadi bagi kalian yang save nama blogku dengan url andinugraha.com di blog. Mohon diganti ya, biar yang lain juga tahu. Gitu aja deh.

Alhamdulilah, ditahun 2017 ini pecah telor. Ya, aku anggap pencapaian ini pecah seperti telor yang akan di goreng..he. Dan tentu selain senang aku banyak bersyukur, seperti halnya kalian yang setiap kali mencapai sesuatu yang diingkan berhasil. Tentu akan senang.

Bagi kalian yang belum tahu ke-7 resolusiku di tahun 2017. Seperti inilah singkatnya. Yang pertama di tahun 2017 ingin ku capai yaitu wisuda, mengajak keluarga ke Yogyakarta, menulis, ngaji, olahraga, bisnis, dan punya 100 sahabat blogger baru. Alhamdulilah semuanya bisa tercapai satu persatu.

Baca juga :Β Resolusiku di Tahun 2017

Dan seperti ini cerita singkatnya. Semoga diary kali ini bisa memotivasi kalian semua ya. Cielah, memotivasi. Udah kaya kang Mario saja. Tapi ya sudahlah, syukuri saja.

1. Wisuda Tahun 2017
Dari awal kuliah aku selalu berusaha melakukan yang terbaik, apapun hasilnya itu urusan nanti. Dan menargetkan di tahun 2017 bisa wisuda. Ya, bisa lancar wisuda itu ada banyak rintangannya. Mulai dari skripsiku di corat coret dospem (dosen pembimbing), nunggu dosen mau bimbingan yang nyatanya itu hoax, begadang, dan yang lainnya.

Itu semua nggak lepas dari usaha, kerja keras dan dukungan orang tua, sahabat dan termasuk kalian semua. Dan tepat di tanggal 14 Oktober kemarin aku bisa wisuda, dan bisa dihadiri sama kedua orang tuaku. Alhamdulialah.

Bagi kalian yang khususnya semester akhir, ayo semangat. Aku juga bisa, tentu kalian juga bisa. Nggak ada yang nggak mungkin selagi kita mau berusaha. Selain berusaha, kencengin juga tuh doanya.

2. Mengajak Keluarga ke Yogyakarta
Siapa sih yang nggak mau berlibur di Jogja, terlebih dengan keluarga. Itu impianku di tahun ini. Dan, alhamdulilah terwujud. Ibuku juga beberapa kali ke Jogja, selain pengajian bersama rombongan ibu muslimah, terkadang juga jaroh. Dan berkesempatan juga bertemu dengan jagoannya, Andi Nugraha. Setelah wisuda aku ajak ayah dan ibuku jalan-jalan.

Mulai dari keliling daerah kota, Malioboro, Nol Kilo Meter Jogja, pasar Bringharjo dan sempat juga minum es cendol bareng di pasarnya. Alhamdulilah banget, bersykur lagi.

Nggak cuma itu di tahun 2017 aku juga bisa main ke tempat-tempat di Yogyakarta. Yang khususnya belum pernah aku datangi sebelumnya. Di diary lainnya, in shaa Allah aku bahas satu persatu. Dan, nggak cuma Jogja, sempat juga jalan-jalan ke Solo, Klaten, dan Jember.

Ah, itu mah dah biasa! Mungkin bagi sebagian orang iya, tapi bagiku itu luar biasa. Selain bisa menikmati keindahan alamnya, aku juga memang baru berkunjung ke tempat tersebut. Bersyukur banget masih bisa jalan-jalan di tengah kesibukanku. Maka harus dibanyakin lagi syukurnya.

Baca juga : Keindahan Cahaya dari Surga

3. Menulis
Seperti yang telah kalian ketahui, sebagai seorang blogger memang kerjaannya menulis. Ya, sekalipun itu hanya diary sepertiku ini. Namun target di tahun ini aku belum bisa untuk menghasilkan satu buku lagi. Bukan tanpa alasan, kemarin aku disibukkan dengan tugas kampus dan skripsi. Ah, alesan! Bener deh, sebagai gantinya aku selingin dengan terus aktif nulis di blog ini.

Sebenernya ada dua project nulis buku juga. Kebetulan ada yang ngajak, yang satu temanya lebih ke true story semasa kuliah. Dan yang satunya ke enterpreneur. Namun belum ku pegang sama sekali. Dan, aku nggak berani juga untuk meng-iyakan bisa, ataupun sanggup.

Aku sudah berfikir ke depan. Kalau aku ambil bakal seperti apa. Daripada mengecewakan di tengah jalan, lebih baik di depan dijelaskan. Ya, itu project itu belum selesai. Sebagai gantinya di tahun 2017 ini aku meluncurkan buku “skripsi”. Ayo tebak judulnya apa ?

Sebenarnya sedari tahun 2013 akhir aku selalu menargetkan satu buku dalam satu tahun, meskipun buku tersebut antologi, sempat juga bisa nulis sendiri, alhamdulilah. Tahun 2016 kebelakang 4 buku kelar, dan habis terjual. Secara tidak langsung setiap tahun bisa dibilang satu buku lah.

Di tahun 2017 juga nargetin, tetapi belum kesampaian. Karena ada kesibukan lain, salah satunya skripsi yang bener-bener susah kalau nggak dikerjakan, tapi bakal dapet rintangan kalau dikerjakan. Namun, itu semua sudah terlewati, tak lupa aku selingi nulis diary juga disini.

Ya begitulah, manusia boleh berencana, tapi rencana Allah tetap yang terbaik. Satu hal yang harus terus dilakukan. Apa itu? Bersyukur, ya, dengan bersyukur apapun jadi cukup.

Dengan tetap aktifnya nulis di blog. Beberapa kali juga sempat mengikuti berbagai lomba, dan alhamdulilah beberapa ada yang menang. Dan sempat juga ngisi nulis di website orang. Fee nya lumayan untuk memperpanjang kostan. πŸ˜€

4. Ngaji
Nah, ini nih yang jadi permasalah beberapa teman-temanku, termasuk aku. Kalian juga, #Upsss. Tapi, alhamdulilah di tahun ini rajin ngaji, dalam artian harus rajin. Kajian juga rutin seminggu sekali. Kajian disini nggak cuma bahas Al-Qur’an aja, misalnya membahas buku apa, nanti dikupas tuntas. Karena sudah jadi resolusi, mau nggak mau harus ada perubahan, dan harus dilaksanakan. Meskipun terpaksa, lama-lama juga jadi terbiasa.

Nggak ada salahnya juga dipaksa dalam hal kebaikan. Karena dari terpaksalah, nantinya akan jadi hal yang terbiasa. Targetku kedepan, setiap selesai shalat harus bisa baca Al-Qur’an/ngaji. Dimana pun itu berada. Di zaman yang serba digital ini tentu sudah bisa baca Al-Qur’an dari gadget. Jadi makin mudah aja dimanapun bacanya. Yang penting selalu dijaga wudhunya. Setuju?

5. Olahraga
Untuk olahraga aku selingi sehari gowes, sehari lari, sehari gowes, sehari lari. Begitu terus, itu aku lakukan dipagi hari. Setelah shalat subuh biasanya. Kadang sendirian, kadang ditemani sama teman-temanku. Selain merasa enteng badannya, aku juga merasakan kenikmatan tersendiri. Badan menjadi lebih segar.

Sesekali futsal, itupun kalau ada yang ngajak, karena akhir-akhir ini teman-teman yang biasa punya jadwal sama seminggu sekali futsal banyak yang nggak bisa karena sibuk kerja. Jadi sebisa mungkin gowes pagiku tetap jalan.

6. BisnisΒ 
Ngomongin soal bisnis mah nggak bakal habis dibahas disini ya. Sedari awal niatku memang jadi pengusaha. Ya, bisnis gitu. Alasannya simple, karena aku ingin lebih lama punya waktu untuk keluarga. Aku yakin, dengan bisnis kita sendiri yang bisa mengatur waktu.

Ya, sekalipun itu akan super duper sibuk diawal. Wajarlah, toh yang namanya baru mulai nggak ada hal yang mudah. Perlu adanya pengorbanan. Tidak hanya tenaga, tapi waktu, pikiran dan kesabaran juga.

Di tahun 2017 ini aku membangkitkan kembali bisnisku yang sedari 2015 lalu aku rintis. Bedanya dulu aku jalan sendiri, sampai-sampai keteteran karena memang waktunya dibarengi sembari kuliah. Di tahun ini aku ajak sahabatku yang khususnya bisa desain.

Sampai saat ini masih belajar terus belajar, masih terbilang merintis. Belum bisa disebut udah besar atau apalah. Tapi ya, itu in shaa Allah aku mau berusaha agar perlahan terus ada perubahan. Mohon doanya ya.Β Semoga bisa lancar, termasuk bisnis, kerja dan study kalian juga ya. Terwujud satu persatu.

7. 100 Sahabat Blogger Baru
Awal tahu blog memang sejak SMP, tapi mulainya aku baru dari tahun 2014. Itupun berawal karena tugas. Sebenarnya nggak beda jauh, seperti aku memindahkan diaryku dari buku ke digital. Blog ini. Biasanya aku sering nulisnya di buku diary.

Sebuah buku kecil yang biasa aku bawa kemana-mana. Dan dengan adanya blog ini. Nggak cuma aku sendiri yang bisa baca diaryku. Tapi kalian juga bisa. Termasuk diary kali ini. Dengan adanya yang baca, berkomentar dan memberikan masukan, itu salah satu bumbu untuk bisa membuatku semangat nulis lagi.

Berharap dapet 100 teman blogger baru di tahun ini sepertinya benar-benar goal. Pecah semua telornya. Aku dapet lebih dari 100 teman lho. Alhamdulilah.

Teman disini mereka yang pernah berkunjung ke blogku, begitupun sebaliknya. Itu terjadi tidak hanya sekali dua kali. Makannya aku sampe tahu, bahkan tak lupa untuk mencatatnya. Catatan nama-nama blogger dibawah ini hanya beberapa saja. Tidak semua.

Kalau dituliskan semua, bakal banyak sekali. Sampe-sampe aku yakin kalian nggak membacanya semua..hehe..

Berikut beberapa list namanya.
1. Girindra Wiraini Puspa
2. Rusdan
3. Prisca Aditya
4. Andrew prasatya
5. Faqih Abduh
6. Wahyu Widyaningrum
7. Muhammad Agung Wicaksono
8. Puti Andini
9. Hendra Suhendra
10. Muhammad Attar
11. Azhie
12. Maya
13. Santo Ahmad
14. Lisa Nel
15. Liza Alhusna
16. Dwi Sugiarto
17. Heru Arya
18. Dewi Elsawati
19. Achmad Muttohar
20. Rifai Anan
21. Arif Budiharjo
22. Yasya Indra
23. Alden Peter Siallagan
24. Martin Eko Setiawan
25. Lulu Andhita
26. Imron Fhatoni
27. Khirul Leon
28. Rifqi Banyol
29. Wisnu Tri
30. Budy TravellingAddict
31. Ardisca Ar
32. Gus Nur
33. Elma Putri
34. Lucky Caesar
35. Vera Astanti
36. Yoga Akbar Sholihin
37. Ami Hamni
38. Djangkaru Bumi
39. Maman Achman
40. Mirwan Choky
41. Gustyanita Pratiwi
42. Septian Dwi Cahyo
43. Tuty Queen
44. Abdul Jabbar Fathoni
45. Akhmad Muhaimin Azzet
46. Tomi Azami
47. Ocha Rhoshandha
48. Joga Tjahja Poetra
49. Robby Haryanto
50. Ijeverson
51. Mayasitha Arifin
52. Mei Wulandari
53. Arum Kusuma
54. Lia Lathifa
55. Cumi Lebay MazToro (Alm)
56. Dweedy Ananta
57. Aul Howler
58. Erni Angraini
59. Jalan-jalan Kenai
60. Yosef Krisnandi
61. Fuji Astyani Hijriyah
62. Zainal Muttaqien
63. Muhammad Adam Hussein
64. Fajar Herlambang
65. Wong Crewchild
66. Rach Alida Bahaweres
67. Goiq
68. Mayasitha Arifin
69. Mang Lembu
70. Anjar Sundari
71. Niki Setiawan
72. Herva Yulyanti
73. Mas Huda
74. Indra Hidayat
75. Alid Abdul
76. Wulandari
77. Puput
78. Raya Mimpi
79. Maryono
80. Samuel Derbritto
81. Rahmah
82. Diobhas
83. Dunia Kecil Indi
84. Robby Zulkifli
85. Lintang Irnawati
86. Muhammad Rifqi Saifudin
87. Claude C Kenni
88. Walidin
89. Yogi Satria
90. Nasirullah Sitam
91. Felic Licia
92. Muhammad Septian Wijaya
93. Lutfi Retno
94. Anis Khoir
95. Reni Novita Sari
96. Ikrom Zayn
97. Aziz Rubangi
98. Alan Nobita
99. Naufal
100. Dani Kaizen
101. Meykke Santoso
102. Hanna Ridha
103. Okky
104. Asdita Prasetya
105. Rezky Pratama
106. Mawardi
107. Brian Prasetyawan
108. Wiwid Nurwidayati
109. Bayu Kurniawan
110. Dwi Sari
111. Ainayya Ayska
112. Dodon Jerry
113. Arinta Adiningtyas
114. Rindang Yuliani
115. Hendra Suhendra
116. Yoen Mintarsih
117. Fenny Sugih
118. Nita Lana Faera
119. Penikmat Buku
120. Penikmat Nafas
121. Zahrah Nida
122. Aseh Prakoso
123. Nona Ginci
124. Trik Pos
125. Riska
126. Ditsa Ayu Widya Mangesti
127. Reski Amalia Nurpratiwi
128. Mas Darsono
129. Vindy Putri
130. Muhammad Rifqi Saifudin
131. Eksapedia
132. Andrie Kristianto
133. Setiawan Mangado
134. Topik Dwi Pandu
135. Bang Ajie
136. Gus Bolang Adventure
137. Dwi Sartikasari
138. Mbah As
139. Jordan Elang
140. Martin Setiawan
141. Zaitun Hakimiah NS
142. Stephanus Christiono
143. Relita Aprisa
144. Sulis (Bunda Raka-Alya)
145. Citra Pradipta Hudoyo
146. Fitzata
147. Kang Komar
148. Laili Umdatul Khoirurosida
149. Yanto Cungkup
150. Mangs Abdul
151. Febrianty Rachma
152. Van Di
153. Abraham Yusuf Indrayana
154. Alvino Pandu Maulana
155. Ardian Kusuma
156. Satya Bhakti Nugraha
157. Jeni Show
158. Ndop
159. Son Agia
160. Aji Sukma
161. Rizal Fahrosi
162. Agung Rizq
163. Risky Arie Prima
164. Fanny Fristhika Nila
165. LD Lustikasari
166. Susindra
167. Asma K
168. Yelli Sustarina
169. Ahmad
170. Anak Abah
171. Ahmad Zaelani
172. Nusantara Adhiyaksa
173. Ali muakhir
174. Fitriana Adi Susanti
175. Nurul Fitri Fatkhani
176. Arek Malang
177. Djacka Artub
178. Ginty Intan Mawarti
179. Wahyu Yuwono
180. Alfan Islamil
181. Fahil Ghonim
182. Farhan Fauzzan
183. Vyan FNM
184. Cii Yuniaty
185. Muarra
186. Iva Mairista
187. Bimo Aji Widyantoro
188. Emeraldine
189. Adhi Artadhitive
190. Andi Wahyudi
191. Dhanang Sukmana Adi
192. Ahmadi Sultan
193. Mas Irwin
194. Wahab Saputra
195. Mesra Berkelana
196. Angkisland
197. Santi Dewi
198. Aisyah Larasati Lina
199. F Nugroho
200. Ida Tahmidah
201. Beny Oki Sugiarto
202. Retno
203. Dian Ravi
204. Om Alee
205. Nathalia DP
206. Yurmawita Adismal
207. Lisnawanti Pertiwi
208. Sie-thi Nurjanah
209. Indra Kusuma Sejati
210. Ivonie Zahra
211. Joo
212. Mila Said
213. Eni Rahayu
214. Bersapedahan
215. Septian Rishal
216. Inklocita
217. Fery Efendy
218. Wuri Wulandari
219. Dzaky Dewan
220. Vanisa Desfriani
221. Oeky
222. Unggul Arif
223. Rere
224. Annisa Elva Sutisna
225. Riz Altaf
226. Zata
227. Nandar
228. Evrinasp
229. Dian Hendrianto
230. Zainal Muttaqien
231. Rivai Hidayat
232. Sabda Awal
233. Sulung Siti Hanum
234. Muhae man
235. Mynamedora Asra
236. Damarojat
237. Jasmi Bakri
238. Farhan Syakur
239. Defantri Tampubolon
240. Syuna Mom
241. Mutia Faridah
242. Bella Agmia
243. Dzulkhulaifah
244. Mas Prastiyo
245. Mustika
246. Fairuz Aqilah
247. Nawa Wicaksono
248. Salaminzaghi
249. Arriyadha Prayugo
250. Aqied
251. Hara Hope
252. Tarijem
253. Sri Wahyuni
254. Suryani Palamui
255. Adi Pradana

activate javascript activate javascript activate javascript

Itu belum semua aku masukkan, karena banyak sekali. Meskipun tak tercatat nama kamu yang sedang baca diary kali ini. Jangan khawatir, selagi bisa, dan ada waktu. Setiap kalian yang maen ke digital diaryku. Aku berusaha untuk maen dan bertamu juga di blog kalian.

Oh, ya, beberapa tempat kunjungan jalan-jalanku yang sedikit aku ceritakan diatas. In shaa Allah aku post di tahun depan ya, mengingat waktunya yang semakin mepet berganti tahun.

Mungkin itu saja diary tentang pencapaianku di tahun 2017 ini. Semoga kalian juga sukses. Karena sukses milik kita semua. Aamiin. Dan, jangan lupa untuk terus berbagi dan menginspirasi lewat untaian kata yang kalian ketik di blog kalian.

“Meskipun diary, usahakan berbagi.
Meskipun kegiatan sehari-hari, usahakan menginspirasi”
@diarymahasiswa

Untuk yang penasaran dan menanyakan, kalau sudah lulus apakah domain ini akan terus digunakan? Silahkan baca diary berikutnya untuk tahu jawabannya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam #endoftheyearpost#EVENTBE Blogger Energy

293 Responses for Alhamdulilah Akhirnya ! Pecah Telor Juga di Tahun 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *