Pintu Air Jagir, Bangunan Peninggalan Belanda yang Eksotis di Surabaya

DiaryMahasiswa | Hallo, SDM (Sahabat Diary Mahasiswa), apa kabar kalian? Semoga sehat selalu ya. Oh, ya di diary kali ini aku akan menceritakan tentang bangunan peninggalan Belanda yang masih eksotis di kota Surabaya. Semoga bisa jadi pengetahuan buat kalian semua.

Kedatangan penjajah Belanda memang memberi luka mendalam bagi masyarakat Indonesia. Namun, di waktu yang sama, Belanda juga memberi peninggalan yang berharga berupa bangunan bersejarah. Apalagi, bangunan tersebut tidak hanya eksotis, tapi juga masih bisa digunakan hingga sekarang.

Di Surabaya, salah satu bangunan eksotis peninggalan Belanda yang masih tetap digunakan adalah Pintu Air Jagir. Pemerintah Hindia Belanda membangun pintu air ini mulai dari tahun 1912 hingga 1917. Keberadaannya difungsikan oleh Belanda sebagai sarana untuk mengontrol tinggi permukaan Sungai Jagir. Pada akhirnya, pintu air ini menjadi salah satu perangkat penting untuk mencegah banjir dari luapan sungai tersebut.

Dalam fungsinya sebagai pengontrol banjir, pintu air ini mengatur aliran air dari Sungai Jagir menuju ke laut serta ke bozem yang terletak di Wonorejo dan Morokrembangan. Selain Pintu Air Jagir, ada pula pintu air lain yang telah dibangun Belanda dengan fungsi serupa, termasuk di antaranya adalah Pintu Air Dinoyo.

Keberadaan Pintu Air Jagir memperlihatkan visi pembangunan yang tertata dari Pemerintah Hindia Belanda. Keberadaan bangunan ini terbukti membuat Kota Surabaya saat itu terhindar dari banjir. Tidak heran kalau pada masa penjajahan Belanda, kota ini memiliki julukan sebagai Kota Amsterdam dari timur.
Hanya saja, kemegahan bangunan bersejarah ini harus dibayar mahal oleh rakyat Indonesia. Pemerintah Hindia Belanda mengerahkan ribuan pribumi dalam membangun sistem kanal yang kini disebut dengan Sungai Jagir. Saat itu, total Belanda telah melakukan penggalian kanal sejauh 5,6 kilometer.
Menariknya, para sejarawan memiliki pendapat tersendiri terkait lokasi berdirinya Pintu Air Jagir. Jauh sebelum kedatangan Belanda, lokasi pintu air ini konon merupakan tempat terjadinya pertempuran antara pasukan Tar-Tar dari Mongol melawan pasukan Majapahit yang dipimpin Raden Wijaya. Untuk melihat wisata sejarah yang satu ini, Anda bisa memesan tiket pesawat murah dari Airy.
Pintu Air Jagir Surabaya di Masa Kini

Source : ngopiae

Saat ini, bangunan Pintur Air Jagir masih berfungsi dengan baik. Bahkan, Pemerintah Kota Surabaya menjadikan bangunan tua ini sebagai bahan promosi untuk wisatawan. Di samping itu, fungsinya sebagai pengontrol banjir juga tetap dimanfaatkan. Selain itu, bangunan yang kini dikelola oleh PDAM Kota Surabaya ini berperan penting dalam penyediaan air minum.
Bangunan yang berlokasi di Jalan Jagir, Wonokromo ini pun terbukti efektif dalam menarik perhatian wisatawan. Secara khusus, pemandangan Pintu Air Jagir di malam hari terlihat sangat eksotis. Apalagi, bangunan ini dipercantik dengan adanya lampu warna-warni yang menghiasinya. Tidak heran kalau para fotografer juga kerap menjadikan bangunan ini sebagai objek foto buruan.
Wisatawan yang ingin menyaksikan eksotisme bangunan ini pun sangat mudah. Lokasi bangunan tua bersejarah ini tidak jauh dari Stasiun Kereta Wonokromo, tepatnya di alamat Jalan Jagir Wonokromo nomor 74. Dari stasiun tersebut, pelancong bisa naik becak atau bahkan berjalan kaki.
Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, sebaiknya datang ke sini saat sore atau petang hari. Saat sore atau petang hari, wisatawan bisa menyaksikan Pintu Air Jagir dengan kondisi berhiaskan lampu yang diperindah dengan pantulan bangunan tua ini di permukaan sungai.
Selain pintu air yang kini telah ditetapkan sebagai cagar budaya ini, kota Surabaya juga masih punya banyak bangunan bersejarah yang tak kalah eksotis. Banyak bangunan yang masih terjaga dengan baik. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang tertarik dengan suasana klasik, Surabaya adalah pilihan menarik.
Ditambah lagi, saat ini berkunjung ke Surabaya dengan sangat mudah. Untuk mengunjungi kota yang satu ini, Anda bisa memesan tiket pesawat ke Surabaya di Airy. Di sana, tersedia tiket pesawat murah ke Surabaya dan berbagai tujuan lainnya. Pilihan maskapainya juga beragam. So, tidak ada alasan untuk tidak berlibur ke Surabaya, kan?

113 Responses for Pintu Air Jagir, Bangunan Peninggalan Belanda yang Eksotis di Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *