Reuni Akbar Pramuka SMA Negeri 1 Lakbok 2018

DiaryMahasiswaΒ | Dear Diary, Minal aidzin walfaidzin sahabat Diary Mahasiswa. Mohon maaf lahir dan batin. Gak telat kan? Sedikit ah, daripada nggak. ^_^

Lebaran tahun 2018 selain bisa silaturahmi dengan guru-guru sekolah menengah atas, aku juga berkesempatan untuk bisa menghadiri reuni akbar pramuka di sekolahku dulu. Bahkan aku sempat dikontak oleh salah satu penitianya untuk ikut rapat dan jadi panitia. Hanya saja waktu itu ada kesibukan jadi belum bisa hadir.

Tapi di hari H alhamdulilah bisa hadir sekaligus mewakili teman-teman seangkatanku yang tidak bisa datang. Kebetulan aku lulus dari SMA pada tahun 2012-2013. Ada yang seangkatan denganku? Cung?

Baca juga : Halal Bi Halal SMA Negeri 1 Lakbok Tahun 2017

Acara reuni akbar pramuka di sekolahku ini pertama kalinya dilaksanakan.Β Bagus?Β Tentu, dengan adanya acara reuni akbar pramuka ini, bisa memotivasi untuk mengadakan reuni akbar selanjutnya. Baik reuni OSIS, organisasi lainnya atau bahkan reuni akbar para alumni.

Oh, ya, aku kasih tahu lagi ya, dulu aku sekolah di SMA Negeri 1 Lakbok. Ciamis nama kabupatennya. Kalau kalian sering baca diaryku pasti tahu. Kalau pun tidak, sekarang jadi tahu kan. Inget ya, jangan salah baca. Yang bener Lakbok, bukan Lombok.

Sayangnya acara reuni yang disebut akbar ini yang hadir gak banyak. What? Tunggu dulu, memang acara ini bisa aku bilang mendadak. Fix mendadak, karena aku mendengar dari salah satu panitianya lebaran ke-3 aja baru ditentukan akan ada acara reuni akbar ini.

Tapi, tunggu dulu, ini ada tapinya. Ide reuni ini menurutku bagus, sangat bagus malah. Gak jadi masalah kalau diawal masih sedikit yang hadir, kita ambil aja positifnya. Sekaligus evaluasi untuk acara reuni pramuka kedepannya. Setidaknya jangan sampai seperti ini lagi, harus dipersiapkan jauh-jauh hari.

Banyak yang tidak datang karena sebagian para alumni sudah banyak masuk kerja yang tersebar diberbagai kota bahkan negara tetangga. Meskipun yang hadir gak banyak tapi sukses kok acaranya. Serius, aku juga ikut senang bisa hadir dalam acara yang pertama kalinya.

Aku gini-gini dulunya anggota pramuka lho, dari waktu masih sekolah menengah pertama malahan. Keren kan? Iya lah keren, anak pramuka itu emang keren. Nah waktu SMA aku jadi Bantara dan kebetulan jadi Krani PA. Dan ikut Laksana hingga Saka Bayangkara.

Seru lah pokoknya, kalau kalian ikut juga pasti tahu seperti apa seru dan kebersamaan dalam kepramukaan itu. Oh, iya. Aku kasih tahu keseruan acara reuni akbar kemarin ya. Diawal seperti acara-acara pada umumnya, dibuka oleh Alfreda dan Eka Palupi sebagai MC. Mereka membacakan susunan acara dari awal hingga akhir.

Dilanjut sambutan demi sambutan, mulai dari ketua pelaksana hingga kak Mabigusnya. Sekaligus pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Debi Bisri Samsuri. Pembina Pramuka saat ini ada 4, diantaranya Pak Sutarno, Pak Heri, bu Lisyani dan bu Wahyuning. Bagi para alumni pasti tahu atau mungkin kangen ingin bertemu. Makannya ke sekolah..he

Sebenarnya harus menggunakan pakaian yang ada kaitannya dengan pramuka, tapi kalau tidak ada bebas asal sopan. Pengenku pake kaos pramuka dulu, tapi apalah daya udah gak muat πŸ˜€

Untuk acara intnya disi oleh Ustadz Lasiman, guru bahasa Arabku dulu sewaktu masih sekolah. Pembahasannya gak seperti ceramah atau tausiyah pada umumnya, tapi ini bener-bener membedah apa arti dari dasa darma, intinya dari point-pointnya terdapat makna yang bisa bermanfaat bahkan jadi ladang pahala.

Teman-teman masih hafal dasa darma pramuka?

Oh, yah?

Kalau PANCASILA hafal gak?

^_^

Setelah selesai acara inti berupa tausiyah yang bermanfaat, dilanjut diisi oleh Kak Mabigus dengan cara memanggil satu-satu para alumni untuk kedepan, saling sharing. Gak semuanya memang tapi cukup mewakili. Termasuk aku ikut dipanggil.

Setelah acara selesai seperti biasa foto-foto bersama alumni dan para anggota pramuka yang sekaligus jadi panitia. Meskipun acaranya mendadak, tapi aku tahu persiapannya seperti apa, karena aku pernah merasakannya. Semoga acara ini bisa jadi bahan evaluasi untuk acara-acara berikutnya.

Oh, iya aku juga sempat mengabadikan dalam bentuk video menggunakan gadgetku. Kalian bisa tonton dibawah ini.

Sebelum semuanya pulang, masih ada acara yaitu hiburan. Salah satu panitia menghibur para alumni yang sekaligus jadi tamu undangan.

Dan aku juga sempat mengabadikan disaat sesi hiburan dalam bentuk video. Ada beberapa dari panitia ataupun alumni yang nyanyi. Silahkan tonton dan kasih komentar kalian dibawah.

Bantu Diary Mahasiswa dengan follow blog ini dan semua media sosialnya ya, termasuk channel youtubenya. Hatur nuhun.

Diary kali ini segitu dulu aja ya, next aku kayaknya bakal nulis #DiaryTravelling. Tunggu aja. Oh, iya apa diantara sahabat Diary Mahasiswa disini, dulunya ada yang pernah jadi anggota pramuka juga? Atau sampai sekarang masih?

75 Responses for Reuni Akbar Pramuka SMA Negeri 1 Lakbok 2018

  • Asiikk!! Nihh! Kang Andi mudik bisa langsung ketemuan dan Reuni bersama teman SMU dan para gurunya..meski sudah banyak yang berubah mungkin yaa!! & sekaligus bisa larak-lirik junior SMU 1 Labok Ciamis Jabar…πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜‚πŸ˜‚

    • Pasti itu, Mas. Banyak berubah mah, terutama dari segi bangunan sekolahnya. Jadi lebih bagus..hehe

      Wkwk, nggak cuma lirik, udah kenalan dan dapet nomornya, mau juga, Mas? πŸ˜›

  • Saya bukan anak pramuka, tapi dulu tahu dasa darma pramuka. Saya waktu SMA ikut PMR.
    Tapi saya ada ponakan yang aktif pramuka sejak SD.

  • aku benci banget acara mendadak, mas. soalnya nggak ada persiapan. alhasil yg dateng cuma dikit, kan? sama kayak kasusku dul, acaranya dadakan yg dateng cm dikit, jadinya kurang rame.

    btw, gimana nih perasaannya temu kangennya?

    • Sama sebenarnya, Mas. Tapi kemarin mau gitu ke yang jadi panitia biar aja lah. Biar tahu sendiri dan jadi bahan untuk evaluasi kedepannya.

      Betul, memang dikit yang datang, tapi setidaknya bisa silaturahmi dengan orang-orang baru dan guru-guru yang udah lama gak bertemu..hehe

      Alhamdulilah senang, Mas. Dan bisa silaturahmi juga πŸ™‚
      Kapan nih silaturahmi sama mas Beny?

  • Maaf lahir dan bathin juga ya mas. Senang ya bisa menghadiri reuni akbar. Kalo saya lulusan taun 2000, waktu itu cukup sulit untuk tetap berkomunikasi, karena belum ada gadget. Tapi Alhamdulillah, berkat Facebook, jadi bisa ketemu kembali. Kalo sekarang mudah sekali untuk berkomunikasi, karena bisa memanfaatkan lebih dari 1 sosmed dan fitur chatting seperti wa

    • Sama-sama, Mas Hendra.
      Alhamdulilah senang bisa bertemu kawan lama dan adek-adek pramuka yang baru juga.
      Betul sih, kalau tahun 2000 saya berarti kelas 1 SD kalau tidak salah, Mas.
      Betul, saat ini siapa sih yang gak punya gadget khususnya pelajar sekolah menengah atas. Sejadul apapun tetap saja mudah untuk berkomunikasi ya, Mas.

      Terlebih dimudahkan dengan harga gadget yang murah saat ini.
      Mungkin saja saat ini setiap kelasnya punya grup chatting di WA ya, Mas.

  • Mohon maaf lahir dan batin mas πŸ™‚
    Reuni sebuah organisasi memang seru yaa. Hal kayak gini bisa mendekatkan dan mengakrabkan semua angkatan. Sekalian melepas rindu, apalagi kalau ada gebetan dinsatu angkatan πŸ˜€

  • kang Andy diliat foto yang diatas kaya masih malu2 kucing gimana gtu yaaa.. Btw acaranya kayanya seru abis ya, apalagi ada yang nyumbang lagu.. ditambah reunian sama temen2 lama pastinya memberikan kenangan yang manis ya kang

    • Padahal itu lagi nyalain mic lho, Teh..he
      Tapi kucing di rumah saya gak malu lho .. πŸ˜€

      Betul rame, Teh. Pulang kemarin rame reunian, reuni kelas, SD dan yang lainnya. Ya, alhamdulilah bisa silaturahmi.

  • Mohon maaf lahir batin kang, wih seru bisa temu kangen adek kelas wkwk

    Pantesan kang andi keliatannya manusia yang aktif jalan-jalan menyusuri rintangan, ternyata anggota pramuka toh, jadi sekarang saya tau kenapa kang andi suka naik sepeda *lho.

    Mantap sih ini acara, apalagi kalo temen seangkatan banyak yang dateng, yakin dah, sehari buat cerita kayanya gak cukup, nostalgia kenangan masa putih abu-abu hehe

    • Sama-sama, Kang Asep..
      Iya nih, banyakan adek kelas yang baru kenal juga πŸ˜€

      Hehe..iya dulu aktif di pramuka, osis dan keagamaan juga, wah puanjang kalau di ceritain mah..he

      Betul, Kang. Sehari kadang gak cukup, tahunya udah pada mau otewe kerja aja ke luar kota. Rasanya waktu ini terlalu singkat..he

  • baca artikelmu jadi inget jaman sekolah dulu mas haha
    sempet jadi anggota pramuka aktif sampe kelas 6 SD haha paling suka kegiatan camping dan reuni kaya gini.
    pas udah pada gede, beda banget sama waktu kecilnya.
    seru seru ya ceritanya!

  • Saat SD dan SMP saya suka sekali Pramuka, terutama saat ada acara outdoor seperti Hiking, Mengembara dan Camping. Apalagi kalau sampai ke luar kota, sukak sekali. Masih ingat saat kemah di SMP dulu, bawaannya rempong banget. Saya paling suka bawa ember, karena semua barang kecil-kecil bisa masuk dan tinggal nenteng ember doang hehe..

    Saat SMA udah nggak lagi karena teman-teman dekat saya lebih suka ekstra yang lain, saya jadi ikut-ikutan meninggalkan Pramuka. Sedih sekali, hiks..

    Namun entah mengapa sampai saat ini saya belum menemukan alasan yang tepat mengapa harus ikut reuni. Saya nggak begitu suka dengan reuni, mungkin karena dulu saya orangnya tertutup yaa.. entahlah. Semoga suatu saat nanti saya bisa menemukan alasan yang pas sehingga mau ikut reuni, hehe..

    Sukses dengan reuninya ya mas, pasti senang ya bisa ketemuan dengan teman-teman masa sekolah dulu πŸ™‚

    • Betul sih, Teh. Ember bawanya gak usah dimasukin tas, tingal di tenteng dan serba guna bisa digunakan untuk apa aja..he

      Yah kebawa arus nih, Teh Anjar. Harusnya tetap ikut pramuka aja..he
      Aamiin, reuni kan sekaligus silaturahmi dan bisa membuka pintu rezeki. Semoga secepatnya nanti ada reuni ya, Teh. Pasti seru banget tuh..

      Alhamdulilah senangnya pake banget, Teh πŸ™‚

  • Saya angkatan 2011, mas *halah eis tuwo xD hahaha

    mepet banget kalau h-3 baru dapet kabar dari panitia inti, kalau ada acara reuni. tapi lumayan juga kalau dengan persiapan yang mepet, terus peserta yang dateng bisa lintas generasi–meskipun nggak banyak. semoga tahun depan bisa lebih ramai lagi.

    jaman SMP dulu pernah daftar jadi Dewan Penggalang, tapi nggak lolos seleksi πŸ˜€

    • Gak popo, Mas. Seng penting jiwa muda πŸ™‚

      Aamiin, semoga aja ya, Mas. Itung-itung acara pertama alias awal ini bisa jadi evaluasi kedepannya.

      Wah, terus gak daftar lagi, Mas?

  • seru klo ketemu sama adek2 di sma dulu
    apalagi pramuka
    klo aku dulu ikut PMR tapi udah jarang sih mas acara bareng kayak gitu
    paling kalau ada lomba aja
    dengan ketemu alumni, mereka bisa mengambil pelajaran penting
    apalagi klo misal cerita dari para alumni yang meniti kuliah dan karir bisa ditulis dan dibukukan pasti lebih seru

  • Kangen sama org cinta ratu, lakbok *eh. Hahaha
    Btw aku blm pernah ikut reuni pramuka gini nih, pling reuni alumni doang.. Jd pengin bikin juga, ide bagoos kan.. Hhh

    • Hasyikk, jebule kelan orang cinta ratu e, hayo kapan terakhir ketemu? πŸ˜›
      Alumni mah sering, sesekali adain pramuka juga coba, pasti seru deh πŸ™‚

      Iya bagos toh, doh jadoon ajo reononyo πŸ˜€

  • Reuni itu penting loh mas, kita bisa tahu siapa2 teman2 kita yg sudah sukses sehingga kita bisa joint usaha.Siapa tahu mereka nekad kerja sama dng kita.

  • Hehe, aku bukan anak Pramuka. Dulu cuma ikut karena diwajibin sekolah. Tapi emang seru sih pramuka, sempat nyesel kenapa dulu gak ditekunin pramuka πŸ™

    Acara yang baru pertama emang selalu perlu banyak evaluasi, tapi paling tidak sudah memulai. Seperti ketika menulis, tulisan pertama pasti bakal banyak yang perlu diperbaiki. Tapi paling tidak sudah menulis, daripada tidak ada gerakan sama sekali πŸ™‚

    • Nah itu, sekarang udah tinggal cerita ya, Mas. Tapi setidaknya masih ada kalau harus diceritakan, berawal dari kewajiban sekolah lama-lama suka juga ya..he

      Betul, Mas. Udah start dulu dan ada kemauan, kedepannya tinggal diperbaiki.

  • Fix! Saya kakak tingkat. #alumni2011 😁😁

    Wah acaranya mendadak gitu ya, tapi keliatannya cukup seru juga. Yah, tahun ini gak ada reunian nih. Cuma kumpul2 biasa doang. Hehe

  • iya dulu gue juga anggota pramuka tapi nggak tau kenapa gue nggak suka pramuka akrena guue nggak suka aktivitas yang berbau fisik waktu itu. hahaha..tapi apapun itu yang namanya reuni pasti seru sih ya, macam reuni kau ini Andi. Cuman makin dewasa begini makin susah mau reuni reuni karena udah pada ssibuk dengan urusan pribadi masing masing. Jadi pergunakanlah masa mudamu dengan berapi api ya

    • Oh, gitu. Tapi memang saya akui kok, Teh. Pramuka di zaman saya sempat ada kekerasannya, ingat waktu habis pelantikan di SMP, setelah itu semua anggota di tamparin. Dan setelah saya jadi anggota setelah dilantik, kekerasan itu sudah tiada, dan sampai sekarang banyak yang dihilangkan juga.

      Apapun itu memang udah aturannya ya. Betul teh reuni apapun itu seru dan bisa sekalian ajang sialturahmi. Setuju, terlebih bagi mereka yang sudah menikah, termasuk teh Mey ini.

      Siap, Teh. Terima kasih dukungannya. Sukses selalu buat teh Mey..

    • Sudah gak aktif sih aku, Teh. Tapi ikut membantu di media soaialnya sekaligus masih terjalin silaturahmi..he

      Wah harus banyak belajar nih sama yang senior.. πŸ™‚

    • Iya nih, Teh..hehe
      Udah pada ketemu belum sama teman-teman SMA dulu, Teh.
      Reuni sekaligus silaturahmi pasti seru berbagi cerita dan bisa diceritakan juga di blog πŸ™‚

  • Happy atuh bisa reunian akbar Pramuka nih. Meskipun rada dadakan nya wahayna weh. Menjalin silaturahmi sama temen2 yang barengan sekolah dulu pasti menyenangkan deh. Apalagi kalau ada mantan wkwkwkwkwk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *