Yuk Travelling, Berwisata Sambil Belajar di Taman Botani Sukorambi

DiaryMahasiswa | Jember merupakan kota yang berada di pulau Jawa bagian timur. Salah satu daerah penghasil tembakau di Indonesia. Bahkan tembakau terbaik di dunia yang digunakan untuk membuat cerutu, salah satunya berasal dari kota Jember. Selain itu jika kita amati pada logo kabupaten Jember terlihat ada daun tembakau.

Mudahnya mengingat kota Jember itu kota tembakau. Tapi bukan Jember namanya kalau tidak bisa dibilang kota wisata. Karena Jember kaya akan wisata alamnya, baik alam ataupun buatan. Jujur aku baru pertama kalinya mengunjungi kota Jember beberapa bulan yang lalu.

Kebetulan waktu itu sempat singgah sekaligus shalat di salah satu masjid keren yang ada di kotanya. Masjid Roudhotul Muchlisin namanya. Selain digunakan untuk sarana beribadah, kabarnya pernah juga digunakan untuk ijab kabul pernikahan. Wajar aja sih selain luas, desain dari masjidnya juga bagus.

Sayang, waktu itu cuaca di Jember sedang tidak mendukung alias hujan. Yang seharusnya aku bisa explore wisatanya, sampai saat ini belum kesampaian. Maka dari itu aku mencari destinasi wisata Jember dan mendata tempat mana saja yang mau aku kunjungi. Salah satunya Taman Botani Sukorambi.

KENAPA HARUS TAMAN BOTANI SUKORAMBI ?

Karena tempatnya yang spesial untuk liburan bareng keluarga, sekaligus bisa sembari belajar. Belajar disini jadi pembeda wisata taman botani sukorambi dengan wisata lainnya. Aku sendiri kalau kesampaian ke tempat ini, ingin sekali melihat tanaman hidroponiknya.

source pict : news.detik.com

Gak kebayang deh, seger banget rasanya dimanjakan dengan tanaman yang serba hijau. Selain mengabadikan foto, aku juga ingin belajar langsung tentang hidroponik. Gak asik dong kalau cuma berkunjung tanpa belajar. Setidaknya ada oleh-oleh ilmu yang nantinya aku bawa pulang.

source pict : antarafoto.com

Sejauh ini baru di Jember yang aku tahu ada tempat wisata sekaligus belajar hidroponik. Kebayang gak sih enaknya wisata sambil belajar. Dan perlu kalian tahu juga, awal berdirinya Taman Botani Sukorambi ini dari seorang petani/perkebunan yang hanya bermodalkan dana pensiunannya yang terbatas. Bapak H. Abdul Kahar Muzakir namanya. Dengan modal yang terbatas dari dana pensiunan itu, beliau membeli tanah di lokasi Sukorambi.

Tanah yang dibeli awalnya dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis buah-buahan, sayur-sayuran, bunga dan yang lainnya. Tak disangka hingga saat ini berkembang. Beliau kemudian menciptakan tempat yang alami guna alternatif pilihan rekreasi baru masyarakat Jember dan sekitarnya. Dari situlah tempat ini ada. Saat ini Taman Botani Sukorambi menjadi rekreasi wisata alam terdekat dari kota Jember. Jaraknya hanya membutuhkan 10 menit saja untuk sampai.

Konsep dari tempat ini yaitu  rekreasi sambil belajar.  Tempat yang semula kecil saat ini dengan luas sekitar 12 hektar menyajikan berbagai wahana menarik. Dengan adanya hewan dan aneka ragam koleksi tanaman membuat tempat ini disukai oleh pengunjung dari segala umur. Dengan begitu tempat wisata sambil belajar ini menjadi salah satu tempat yang diminati masyarakat Jember dan sekitarnya.

Di lokasi ini tidak hanya belajar hidroponik saja. Pengunjung juga bisa melihat koleksi flora dan fauna dengan jumlah 500 jenis, yang tersebar di berbagai sudut taman. Tanaman yang ada tidak hanya berasal dari luar jawa saja, melainkan dari luar negeri juga ada. Begitu juga dengan koleksi satwanya, mamalia dan unggas. Tempat ini sangat cocok untuk para anak-anak dan pelajar guna mengetahui lebih tentang flora dan fauna.

Terdapat juga sebuah tempat yang cocok bagi penyuka kelinci. Bunny and friend village namanya. Pengunjung akan diajarkan banyak hal yang berkaitan dengan hewan ini. Mulai dari cara memberi makan, perawatannya, bahkan bisa atraksi bersama kelincinya langsung, dengan cara bermain dan menangkapnya.

Koleksi hewan hias juga terdapat di tempat ini. Ada aneka jenis burung, seperti gagak dan love bird. Terdapat juga berbagai jenis ikan, diantaranya koi, gurame, nila, patin dan ada juga hewat hias seperti landak dan marmut. Bagi pengunjung yang suka dengan ikan, lokasi ini sangat cocok dikunjungi. Begitu juga dengan hewan yang dilindungi di tempat ini, ada rusa, kijang dan juga burung merak.

Masing-masing jumlahnya beragam, ada 12 ekor rusa, 4 burung merak dan 4 ekor kijang. Di Taman Botani Sukorambi ini tidak hanya memiliki aneka hewan hias dan koleksi hewan yang dilindungi saja. Namun pengunjung bisa juga belajar pembenihan ikan koi dan lobster air tawar. Terdapat 3000 bibit yang dibudidayakan.

——–oo0oo——–

Dengan luas sekitar 12 hektar gak mungkin kan kalau lokasi ini hanya memiliki tempat belajar saja. Masih banyak tempat yang spesial lagi untuk dijadikan tempat liburan bareng keluarga. Yaitu wahananya.

ADA WAHANA APA SAJA DI TAMAN BOTANI SUKORAMBI ?

 1. KOLAM RENANG 

Tersedia kolam renang untuk orang dewasa dan anak. Fasilitas ini bagi sebagian orang tentu sangat menyenangkan. Bisa sekalian mandi setelah capek berkeliling di Taman Botani Sukorambi. Yang membedakan kolam renang disini dengan ditempat lain yaitu terdapatnya kolam renang khusus untuk muslimah.

Biaya masuknya cukup terjangkau, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp.10.000,- saja. Tempat ini benar-benar tertutup, pengelola juga menjamin yang bisa masuk khusus muslimah, begitupun dengan petugasnya.

Salah satu spot yang ada di Taman Botani Sukorambi :

Ada juga kolam renang dewasa yang airnya berasal dari sumber mata air pegunungan, memiliki kedalaman 180 cm. Kolam renang remaja sendiri memiliki kedalaman 80 cm. Disediakan juga untuk kolam renang anak. Bahkan kolam renang anak ini bisa dibilang setiap anak yang berenang terpantau juga oleh orangtuanya. Karena lokasinya berdekatan dengan kolam renang dewasa.

Sedangkan kolam renang pelangi memiliki dua tempat, kolam renang pelangi 1 dan pelangi 2. Kenapa kolam ini dikasih nama kolam renang pelangi? Karena dasar kolamnya berwarna-warni seperti pelangi. Yang membedakan kedua kolam tersebut ada di kedalamannya. Kolam renang pelangi 1 memiliki kedalaman 30-80 cm, dengan panjang 20,5 meter, serta lebarnya 11 meter. Sedangkan kolam renang pelangi 2 memiliki kedalaman 25-80 cm. Dengan panjang 21,6 meter dan lebarnya 9 meter.

 2. FLYING FOX 
Tersedia juga permainan Flying Fox atau game tantangan individu yang diadaptasi dari pelatihan militer. Di Taman Botani Sukorambi ini ada dua jenis flying fox. Flying Fox Jungle dan Flying Fox Tombro namanya. Keduanya sama, yang membedakan panjang dan ketinggiannya saja.

Flying Fox Jungle memiliki panjang sekitar 160 meter dengan ketinggian 40 meter. Sedangkan Flying Fox Tombro memiliki panjang 100 meter dengan kemiringan 15 meter. Flying Fox Tombro memang tidak terlalu curam. Sehingga cocok untuk orang yang baru nyobain wahana ini.

 3. OUTBOUND 
Permainan Outbond disini berbeda dengan permainan outbond biasanya. Dimana para pemainnya harus menyiapkan peralatannya sendiri. Di Taman Botani Sukorambi justru pengunjung bisa request permainan yang mau dilakukan dengan kelompoknya. Pengelola akan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan.

 4. BERKUDA 
Nah ini yang paling aku suka, selain berwisata, para pengunjung juga bisa sekalian berkuda. Wahana ini merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah Shalallaahu ‘Alayhi Wasallam. Termasuk berenang juga. Seperti ini sabdanya :

 “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah”
 (H.R. Sahih Bukhari dan Muslim) 

Kurang lengkap apa coba? Wahana wisata disediakan, olahraganya pun demikian. Amazingbanget pokoknya. Pengunjung bener-bener dimanjakan dengan wahana yang ada. Terlebih bagi yang capek keliling jalan kaki bisa menunggangi kuda dengan tarif yang sangat terjangkau, yaitu Rp.10.000,-.

 5. PERMAINAN AIR 
Pengunjung bisa langsung merasakan sensasi dari mendayung perahu di tempat yang disebut danau buatan. Terdapat juga sebuah pulau kecil ditengahnya. Seru banget kan!

 6. PONDOK BACA 
Wisata sembari baca itu mungkin saja. Bahkan aku juga sering bawa buku bacaan disaat travelling. Tujuannya jikalau ada waktu luang, aku biasa manfaatkan untuk membaca. Terlebih di Taman Botani Sukorambi ini, bahkan sudah disediakan pondok baca bagi pengunjungnya.

 7. RUMAH POHON 
Tempat yang satu ini semacam gardu pandang. Tapi lebih keren lagi, karena ada rumah diatas pohon dengan ukuran 2 x 2 meter. Kurang lebih seperti kamar kost lah. Tempatnya memiliki kapasitas 6 orang. Rumah pohon ini jadi salah satu tempat favoritku, meskipun belum kesana tapi aku sangat suka dan wajib untuk dikunjungi kalau suatu saat kesampaian ke Taman Botani Sukorambi.

Dengan wahana sebanyak itu para pengunjung pasti sangat puas. Dan aku sendiri yakin banget nggak bakal bosan untuk datang ke tempat wisata yang satu ini. Tidak hanya itu teman-teman, fasilitas di Taman Botani Sukorambi juga saaaangat lengkap.

ADA FASILITAS APA SAJA DI TAMAN BOTANI SUKORAMBI ?

Golf Cartnamanya. Sebuah kendaraan khas Taman Botani Sukorambi yang bisa pengunjung gunakan. Bentuknya seperti mobil, hanya saja lebih terbuka. Dengan menunggangi golf card kita tidak perlu repot-repot jalan kaki jika mau turun ke area bawah ataupun sebaliknya. Tapi kalau pengunjung lebih suka jalan kaki tidak jadi masalah. Malahan bisa menghemat sedikit uang. Biaya naik gold cart yang berkapasitas 5-7 orang ini cukup murah sebenarnya, hanya sebesar Rp.10.000,- saja per orangnya.

Lahan parkir yang luas merupakan kepuasan tersendiri bagi pengunjung. Di tempat ini tersedia dua lahan parkir. Untuk bus dan truk berada diluar dengan kapasitas kurang lebih 10 kendaraan. Sedangkan untuk mobil biasa disediakan di dalam dengan kapasitas 100 kendaraan. Untuk sepeda motor sendiri bisa sampai 200 buah. Dan saat ini sudah ada jalan terobosan ke lokasi bawah.

Terdapat pondok rapat garahu yang bisa pengunjung gunakan untuk rapat. Disediakan juga area barbeque outdoor.Sebuah tempat pesta yang bisa pengunung gunakannya untuk bakar-bakar makanan bersama rombongannya. Tempatnya cukup luas karena bisa menampung sebanyak 30-50 orang dengan biaya sewanya sebesar Rp.500.000,-

Untuk bersantai dengan lokasi di tengah rindangnya pepohonan juga tersedia beberapa gazebo. Dilengkapi juga dengan pondok seni, sebuah tempat yang menampung berbagai pementasan seni, mulai dari atraksi hingga senam. Bahkan kedepannya pihak Taman Botani Sukorambi akan menyiapkan pelukis untuk masyarakat seni.

Tak hanya itu, di tempat ini terdapat hotri hut, tempat dimana pengunjung bisa membeli buah tangan untuk dibawa pulang. Oleh-oleh disini berupa tanaman dan buah-buahan. Harga dari setiap bibit tanaman dijual mulai dari Rp.20.000,- hingga Rp.150.000,- per buahnya.

Pengunjung yang suka akan makanan siap saji bisa juga mampir ke restaurant yang ada di tempat ini. Bagi yang sudah berenang pun bisa langsung makan, pasalnya tempat makan ini berada dekat dengan kolam renang. Kalau mau lanjut bermain air seperti kano dan mendayung juga sudah disediakan, bahkan bisa juga langsung bermain flying fox.

Dengan banyaknya wahana permainan yang ada, pengunjung yang suka foto harus mengosongkan memori smartphonya sebelum ke Taman Botani Sukorambi. Disediakan juga wifi guna memudahkan pengunjung untuk bisa uploadfotonya ke sosial media langsung.

Bagi yang ingin merasakan suasana malam disini. Pengunjung bisa menginap di Villa Botani yang lengkap dengan dapur, tempat tidur dan kamar mandi. Untuk kamar mandinya juga ada beberapa jenis, mulai dari kamar mandi biasa, VIP dan kamar mandi khusus untuk difable.

Banyak banget ya?
Eits, masih ada lagi teman-teman. Sebuah lokasi dimana setiap akhir pekannya menjadi tempat berkumpul bagi para penikmat musik dan seniman. Panggung Terbuka Untuk Musik namanya.

Wajar saja kalau saat ini Jember makin rame.Dilihat dari wisata edukasinya yang sudah dipastikan pengunjung puas. Taman Botani Sukorambi buka mulai pukul 07.00 – 16.00 setiap harinya, kecuali hari Jum’at. Terdapat juga diskon bagi yang datang rombongan sampai dengan 50%. Keren banget ya.

BERAPA TIKET MASUK KE TAMAN BOTANI SUKORAMBI ?

Lebih lengkapnya lagi bisa kunjungi websitenya di tamanbotanisukorambi.com 
Atau bisa lihat video dibawah ini untuk bisa melihat langsung fasilitas dan wahananya.

Souce:youtube/Jember 1TV

Alamat lengkapnya teman-teman bisa cek alamat dibawah ini.

Informasi yang lengkap ini membuatku semakin yakin berdoa untuk suatu saat nanti bisa datang langsung ke Taman Botani Sukorambi. Ada yang mau ikut ?

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan
Referensi :
http://tamanbotanisukorambi.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Botani_Sukorambi
http://tempatwisatajember.blogspot.co.id/2016/05/taman-botani-sukorambi-jember-rekreasi-dan-belajar.html
https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3733077/kebun-hidroponik-destinasi-agrowisata-baru-di-jember

189 Responses for Yuk Travelling, Berwisata Sambil Belajar di Taman Botani Sukorambi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *